INSTRUMEN BIDANG PRIBADI-SOSIAL, PENDIDIKAN DAN KARIR
TUGAS
PENYUSUNAN INSTRUMEN
BIDANG PRIBADI-SOSIAL, PENDIDIKAN DAN KARIR
Disusun untuk Memenuhi
Tugas Mata Kuliah Pengembangan Instrumen dan Media BK
Dosen
pengampu: Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd dan Dr. Ali Muhtadi, S.Pd, M.Pd
Oleh :
FILASTRI KURNIASARI
NIM. 20713251018
PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2021
Bidang Pribadi-Sosial: Pengukuran Komunikasi
Interpersonal
Landasan Teori Instrumen:
Instrumen
yang digunakan untuk mengukur komunikasi interpersonal menggunakan alat ukur
baku yang dibuat oleh Millard J. Bienvenu (1971) yaitu Interpersonal Comunication skill Inventory (ICI). Instrumen ini
memiliki empat aspek keterampilan yang dibutuhkan dalam komunikasi
interpersonal yaitu kemampuan komunikasi interpersonal dalam mengirim pesan
dengan jelas, mendengarkan, menerima dan memberikan umpan balik, dan mengatasi
interaksi emosional anak. Menurut Millard J. Bienvenu (1971), ada lima komponen
komunikasi interpersonal, yaitu:
1. Self
Concept, memahami konsep diri merupakan faktor penting yang mempengaruhi komunikasi dengan orang lain.
2. Ability,
kemampuan yang dimaksud disini yaitu kemampuan untuk menjadi pendengar yang
baik, dan keterampilan mendapat perhatian
3. Skill
Experience, kemampuan mengekspresikan pikiran dan ide-ide yang baik memudahkan
individu untuk melakukan komunikasi dengan orang lain.
4. Emotion,
yang dimaksud emosi disini adalah individu dapat mengatasi emosinya secara
konstruktif dan tidak mudah marah.
5. Self
Disclousure, sikap terbuka kepada orang lain dan berkomunikasi secara secara
bebas dan jujur menjadikan komunikasi interpersonal mudah terbentuk.
Kisi-kisi Pedoman
Observasi
No |
Kompetensi Komunikasi
Interpersonal |
No Item |
1 |
Kemampuan
mengirim pesan dengan jelas -Berbicara
dengan jelas -Mengenali
suasana saat berbicara -Menjelaskan
isi pesan |
1-3 |
2 |
Kemampuan
mendengarkan -Memberikan
respon -Memberikan
perhatian dan fokus |
4-5 |
3 |
Kemampuan
menerima dan memberikan umpan balik -Mengatakan
pendapat -Memuji
dan memberi penghargaan |
6-7 |
4 |
Kemampuan
mengatasi interaksi emosional anak -Meminta
maaf -Mengakui
kesalahan |
8-9 |
Total Item |
9 |
Kisi-kisi Pedoman Wawancara
No |
Kompetensi Komunikasi
Interpersonal |
No Item |
1 |
Kemampuan
mengirim pesan dengan jelas -Menyampaikan
secara pesan -Kondisi
yang mempengaruhi anak berbicara kepada orang lain |
1-2 |
2 |
Kemampuan
mendengarkan -Respon
anak ketika mendengarkan |
3 |
3 |
Kemampuan
menerima dan memberikan umpan balik -Intensitas
memberi dan menerima umpan balik |
4 |
4 |
-Kemampuan
mengatasi interaksi emosional anak -Keterbukaan
anak kepada orang lain -Kemampuan
menjelaskan permasalahan |
5-6 |
Total Item |
6 |
Bidang Pribadi-Sosial: Pedoman Observasi Komunikasi
Interpersonal
Tujuan:
Pedoman
Observasi Komunikasi Interpersonal bertujuan unutuk memberikan panduan
pelaksaan observasi tentang kekuatan dan potensi komunikasi interpersonal anak
guna pengembangan (meningkatkan). Beri nilai setiap perilaku yang muncul pada
anak dengan jujur, maka akan diketahui profil tingkat kemampuan komunikasi
interpersonal anak sebelum konseling melalui empat bidang kompetensi komunikasi
interpersonal.
Petunjuk Pengisian:
1.
Bacalah setiap item
secara hati-hati dan jujur menilai seberapa sering perilaku tertentu berlaku
untuk anak dengan cara observasi.
2.
Sesuaikan jawaban berdasarkan
perkembangan anak usia dini (5-6 Tahun)
3.
Berilah jawaban pada
kolom yang disediakan dengan tanda (I). Sesuai jumlah frekuensi perilaku yang
muncul pada anak.
4.
Berilah jawaban lain pada
kolom “Lainnya” untuk jawaban yang tidak menunjukkan frekuensi.
Bagian 1: Mengirim Pesan dengan Jelas
No
|
Perilaku |
Frekuensi |
Lainnya |
1 |
Anak
dapat berbicara sesuai dengan tujuan dan dapat dipahami |
|
|
2 |
Orang
lain tampak tertarik dan penuh perhatian ketika anak berbicara |
|
|
3 |
Anak
mampu berbicara tentang hal-hal yang menarik bagi anak dan orang lain |
|
|
Bagian 2: Mendengarkan
No |
Perilaku |
Frekuensi |
Lainnya |
1 |
Anak dapat melanjutkan kalimat
atau kata-kata yang berikan orang lain dalam percakapan |
|
|
2 |
Anak memberikan perhatian ketika
orang lain sedang melakukan pemrbicaraan dengannya |
|
|
Bagian
3. Memberi dan Menerima Umpan Balik
No |
Perilaku |
Frekuensi |
Lainnya |
1 |
Anak mudah mengatakan perbedaan
antara orang lain dan perasaan anak |
|
|
2 |
Anak mudah memberikan pujian untuk
orang lain |
|
|
Bagian 4. Menangani Interaksi Emosional
No |
Perilaku |
Frekuensi |
Lainnya |
1 |
Anak meminta maaf, ketika anak
merasa telah menyakiti seseorang. |
|
|
2 |
Anak mengakui bahwa anak salah
ketika melakukan kesalahan |
|
|
Catatan:
………………………………………………………………………………………………
Bidang Pribadi-Sosial : Pedoman Wawancara Komunikasi
Interpersonal
Tujuan:
Pedoman
Wawancara Komunikasi Interpersonal bertujuan untuk memberikan panduan pelaksaan
wawancara tenta ng kekuatan dan potensi komunikasi interpersonal anak guna
pengembangan (meningkatkan). Beri jawaban setiap perilaku anak dengan jujur
sesuai dengan kondisi anak, maka akan diketahui profil tingkat kemampuan
komunikasi interpersonal anak sebelum konseling melalui empat bidang kompetensi
komunikasi interpersonal.
Petunjuk Pengisian:
1.
Bacalah setiap item
secara hati-hati dan jujur
2.
Sesuaikan jawaban
berdasarkan perkembangan anak usia dini (5-6 Tahun)
3. Berilah
jawaban pada kolom yang disediakan dengan jelas
No |
Pertanyaan:
Mengirim Pesan dengan Jelas |
1 |
Apakah anak mudah untuk berbicara
dengan orang lain? |
2 |
Anak mau berbicara dengan orang
lain ketika apa? |
|
Pertanyaan:
Mendengarkan |
3 |
Apakah anak bertanya kepada orang
lain, ketika tidak memahami apa yang orang lain katakan? |
|
Pertanyaan:
Memberi dan Menerima Umpan Balik |
4 |
Apakah anak membantu orang lain
untuk memahami diri anak dengan mengatakan bagaimana perasaannya? |
|
Pertanyaan:
Menangani Interaksi Emosional |
5 |
Apakah anak sering mempunyai
“tameng” untuk menganti subyek ketika orang lain masuk ke dalam diskusi? |
6 |
Ketika timbul masalah antara anak dan orang lain, apakah anak
mendiskusikannya? |
Bidang Pribadi-Sosial : Kuesioner Komunikasi Interpersonal
Berilah
tanda silang (X) pada kolom jawaban yang anda anggap paling tepat.
5=Selalu, 4=Sering, 3=Kadang-kadang, 2=Jarang, 1=Tidak pernah
Nama Orang Tua :
Nama Anak :
No |
Pertanyaan:
Mengirim Pesan dengan Jelas |
5 Selalu |
4 Sering |
3 Kadang |
2 Jarang |
1 Tidak Pernah |
1 |
Apakah anak anda mudah untuk
berbicara dengan orang lain? |
|
|
|
|
|
|
Pertanyaan:
Mendengarkan |
|
|
|
|
|
3 |
Apakah anak anda bertanya kepada
orang lain, ketika tidak memahami apa yang orang lain katakan? |
|
|
|
|
|
|
Pertanyaan:
Memberi dan Menerima Umpan Balik |
|
|
|
|
|
4 |
Apakah anak anda membantu orang
lain untuk memahami diri anak dengan mengatakan bagaimana perasaannya? |
|
|
|
|
|
|
Pertanyaan:
Menangani Interaksi Emosional |
|
|
|
|
|
6 |
Ketika timbul masalah antara anak anda dan orang lain, apakah anak
mendiskusikannya? |
|
|
|
|
|
Bidang Pendidikan:
Kuesioner Bidang Pendidikan
HABITS OF MIND
(KEBIASAAN BERFIKIR)
Defenisi
Konseptual
Habits of
mind digunakan sebagai respon terhadap pertanyaan dan jawaban masalah yang
tidak segera diketahui jawabannya, sehingga guru dapat mengobservasi bagaimana
siswa menghasilkan sebuah pengetahuan daripada hanya mengingat pengetahuan atau
dengan kata lain habits of mind merupakan kebiasaan berfikir seseorang karena
atribut kritis dari kecerdasan manusia bukan hanya memperoleh pengetahuan
tetapi juga mengetahui bagaimana mengamalkannya (Costa dan Kallick, 2000).:
65).
Marzano
(1993) mengungkapkan bahwa kebiasaan berpikir (habits of mind) ke dalam tiga
kategori yaitu: self regulation, critical thinking dan creative thinking. Self
regulation meliputi: (a) menyadari pemikirannya sendiri, (b) membuat rencana
secara efektif, (c) menyadari dan menggunakan sumber-sumber informasi yang
diperlukan, (d) sensitif terhadap umpan balik dan (e) mengevaluasi keefektifan
tindakan. Critical thinking meliputi: (a) akurat dan mencari akurasi, (b) jelas
dan mencari kejelasan, (c) bersifat terbuka, (d) menahan diri dari sifat
impulsif, (e) mampu menempatkan diri ketika ada jaminan, (f) bersifat sensitif
dan tahu kemampuan temannya. Creative thinking meliputi: (a) dapat melibatkan
diri dalam tugas meski jawaban dan solusinya tidak segera nampak, (b) melakukan
usaha semaksimal kemampuan dan pengetahuannya, (c) membuat, menggunakan,
memperbaiki standar evaluasi yang dibuatnya sendiri, (d) menghasilkan cara baru
melihat situasi yang berbeda dari cara biasa yang berlaku pada umumnya.
Berdasarkan kategori kebiasaan berpikir
yang dimiliki seseorang individu tersebut, diketahui bahwa orang yang memiliki
kebiasaan berpikir yang seimbang antara ketiga komponen tersebut cenderung
tenang dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Dengan kata lain irisan
ketiga ketegori tersebut membentuk kepribadian yang mantap (Rustaman, 2008: 7).
Definisi Operasional
Habits of Mind atau Kebiasaaan Berfikir
adalah karakteristik seseorang dalam berfikir yang melibatkan aspek regulasi
diri (self regulation), berfikir kritis (critical thinking) serta berfikir
kreatif (creative thinking)
Kisi- Kisi Kuesioner
Kebiasaan Berfikir
Aspek |
Indikator |
No Item |
Self Regulation |
1. Membuat rencana secara efektif 2. Menyadari dan menggunakan
sumber-sumber informasi yang diperlukan 3. Keefektifan tindakan |
1,2,3,6 12 11,15 |
Critical Thinking |
1. Akurat dan mencari akurasi 2. Jelas dan mencari kejelasan 3. Bersifat terbuka 4. Bersifat sensitif dan tahu
kemampuan pengetahuan temannya |
5,7 4 5 14 |
Creative Thinking |
1. Dapat melibatkan diri dalam tugas
meski jawaban dan solusinya tidak segera tampak 2. Melakukan usaha memaksimalkan
kemampuan dan pengetahuannya 3. Menghasilkan cara baru melihat
situasi yang berbeda dari cara biasa yang berlaku pada umumnya |
15, 4 8 9, 10 |
Sumber:
Modifikasi Marzano, Pickering and Mc Tighe (1993), Siti Sriyati (2011)
KUESIONER
KEBIASAAN BERFIKIR
IDENTITAS DIRI
Nama Lengkap
: ………………………………………………..
Jenis Kelamin
: Laki-Laki / Perempuan *) coret yang tidak perlu
Umur
: ………………………………………………..
Kelas
: ………………………………………………..
No. Absen
: ………………………………………………..
PETUNJUK
PENGISIAN
1. Pernyataan dibawah merupakan
pertanyaan-pertanyaan mengenai kesiapan karir
2. Bacalah dengan cermat dan teliti setiap
pernyataanberikut dan berilah jawaban
yang
sesuai dengan diri Anda yang sebenarnya
Pertanyaan
1. Apakah suasana tempat belajar anda rapi?
a. Ya b. Tidak
2. Apakah anda memiliki jadwal belajar?
a. Ya b. Tidak
3. Apakah anda adalah orang yang suka
bereksperimen terhadap suatu illmu?
a. Ya b. Tidak
4. Apakah anda melibatkan orang lain dalam
masalah yang tidak dapat anda selesaikan?
a. Ya b. Tidak
5. Ketika mengatasi masalah, apakah anda
mengingat peristiwa tersebut dari awal hingga akhir ?
a. Ya b. Tidak
6. Menurut anda, apakah bentuk lingkaran dan
oval itu sama?
a. Ya b. Tidak
7. Apakah anda merupakan orang yang pelupa ?
a. Ya b. Tidak
8. Apakah anda menggunakan sumber informasi yang
akurat dalam menjawab persoalan?
a. Ya b. Tidak
9. Apakah anda mengevaluasi keefektifan
tindakan yang telah anda lakukan sehari-hari?
a. Ya b. Tidak
10. Apakah anda melibatkan diri dalam upaya
penyelesaian suatu masalah dalam kelompok?
a.Ya b. Tidak
PEDOMAN OBSERVASI
KEBIASAAN BERFIKIR
IDENTITAS DIRI
Nama Lengkap
: ………………………………………………..
Jenis Kelamin
: Laki-Laki / Perempuan *) coret yang tidak perlu
Umur :
………………………………………………..
Kelas : ………………………………………………..
No. Absen
: ………………………………………………..
PETUNJUK PENGISIAN
1. Pertanyaan
dibawah merupakan pertanyaan-pertanyaan mengenai kesiapan karir
Hal yang diamati:
Aspek yang diamati |
Ya |
Tidak |
1. Suasana
tempat belajar rapi |
|
|
2.
Memiliki jadwal belajar |
|
|
3.
Melibatkan orang lain dalam masalah yang tidak dapat anda selesaikan |
|
|
4.
Menggunakan sumber informasi yang akurat dalam menjawab persoalan |
|
|
5.
Mengevaluasi keefektifan tindakan yang telah lakukan sehari-hari |
|
|
6.
Melibatkan diri dalam upaya penyelesaian suatu masalah dalam kelompok |
|
|
PEDOMAN WAWANCARA
KEBIASAAN BERFIKIR
IDENTITAS DIRI
Nama Lengkap
: ………………………………………………..
Jenis Kelamin
: Laki-Laki / Perempuan *) coret yang tidak perlu
Umur : ………………………………………………..
Kelas
: ………………………………………………..
No. Absen
: ………………………………………………..
PETUNJUK PENGISIAN
1. Pertanyaam
dibawah merupakan pertanyaan-pertanyaan mengenai kesiapan karir, jawablah
Pertanyaan
1. Bagaimanakah cara anda mengatur jadwal belajar?
Jawaban: ………………………………………………………………………………………………
2. Apakah anda adalah orang yang suka bereksperimen
terhadap suatu illmu?
Jawaban:……………………………………………………………………………………
3. Apakah anda melibatkan orang lain dalam masalah
yang tidak dapat anda selesaikan?
Jawaban:……………………………………………………………………………………
5. Ketika mengatasi masalah, apakah anda mengingat
peristiwa tersebut dari awal hingga akhir ?
Jawaban:……………………………………………………………………………………
6. Masalah apakah yang tidak pernah anda lupakan?
Jawaban:……………………………………………………………………………………………….
7. Apakah anda mempraktekkan ilmu dari mata pelajaran
yang anda dapatkan di sekolah?
Jawaban:……………………………………………………………………………………………….
8. Mata pelajaran apakah yang paling anda senangi?
Jawaban:……………………………………………………………………………………………….
9. Apakah anda menggunakan sumber informasi yang
akurat dalam menjawab persoalan?
Jawaban:……………………………………………………………………………………………..
10. Apakah anda memperhatikan kelebihan dan kelemahan
kemampuan anda?
Jawaban:…………………………………………………………………………………………….
Bidang Karir: Kematangan Karir
Pengertian Kematangan
Karier
Menurut Super (dalam Saifuddin, 2018)
kematangan karier adalah keberhasilan seseorang menyelesaikan tugas-tugas
perkembangan karier yang khas pada tahap perkembangan tertentu. Yost dan
Corbishly (dalam Aji, dkk, 2010) kematangan karier adalah keberhasilan individu
untuk menyesuaikan dan membuat keputusan karier yang tepat dan sesuai dengan
tahap perkembangan karirnya disebut kematangan karier. Brown & Brooks
(dalam Nugrahaini dan Sawitri, 2015) kematangan karier adalah kemampuan
individu untuk mencapai karir sesuai dengan tahap perkembangan karirnya.
Kematangan karir dapat didefinisikan dengan membandingkan tugas perkembangan
yang dilaluinya dengan tugas perkembangan pada usia tersebut. Selain itu,
kematangan karir mengacu pada kemampuan individu untuk menyelesaikan dan menguasai
tugas dalam karirnya.
Aspek-aspek
Kematangan Karier
Kematangan
karier adalah suatu variabel yang tersusun dari beberapa aspek. Super (dalam
Saifuddin, 2018) mengungkapkan terdapat empat aspek kematangan karier remaja,
yaitu:
1. Perencanaan
(Planfulness), yaitu kesadaran individu bahwa dirinya harus membuat pilihan
pendidikan dan karier serta mempersiapkan diri untuk membuat pilihan tersebut
2. Eksplorasi
(Eksploration), yaitu individu secara aktif menggunakan berbagai sumber untuk
memperoleh informasi mengenai dunia kerja umumnya dan untuk memilih salah satu
bidang pekerjaan dan studi lanjut khususnya.
3. Kompetensi
Informasional (Information), yaitu individu dengan kompetensi yang berkembang
dengan baik memiliki pengetahuan yang cukup untuk menggunakan informasi tentang
studi lanjut dan karier yang dimiliki untuk dirinya, serta mulai
mengkristalisasikan pilihan pada bidang dan tingkat pekerjaan tertentu.
4. Pengambilan
Keputusan (Decision Making), yaitu individu mengetahui apa yang harus
dipertimbangkan dalam membuat pilihan pendidikan dan karier, kemudian membuat
pilihan studi lanjut dan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan.
Kisi-kisi Angket Kematangan Karir
Indikator |
Sub Indikator |
No. Item |
Jumlah |
||
1. Perencanaan Karir |
a. Menyadari
wawasan dan persiapan karir |
1 |
1 |
||
b. Memahami
pertimbangan altenatif pilihan karir |
3 |
1 |
|||
c. Memiliki
perencanaan karir dimasa depan |
2 |
1 |
|||
2. Eksplorasi Karir |
a. Mengumpulkan informasi karir dari berbagai sumber |
4 |
1 |
||
b. Memanfaatkan
informasi karir yang telah diperoleh |
7 |
1 |
|||
3. Pengetahuan tentang Membuat
Keputusan Karir |
a. Mengetahui cara dan langkah membuat keputusan
karir |
6 |
1 |
||
b. Mempelajari cara
orang lain membuat keputusan karir |
5 |
1 |
|||
c.
Menentukan keputusan karir yang tepat |
8 |
1 |
|||
4. Pengetahuan (Informasi)
tentang Dunia Kerja |
a.
Mengetahui minat dan kemampuan diri |
9 |
1 |
||
b. Mengetahui cara orang lain mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan
pekerjaannya |
10 |
1 |
|||
c. Mengetahui alasan
orang lain berpindah pekerjaan |
11 |
1 |
|||
d. Mengetahui tugas pekerjaan dalam suatu jabatan |
12 |
1 |
|||
e. Mengetahui perilaku-perilaku dalam bekerja |
13 |
1 |
|||
5.
Pengetahuan tentang Kelompok Pekerjaan yang lebih Disukai |
a. Memahami tugas dari
pekerjaan yang diinginkan |
14 |
1 |
||
b. Mengetahui persyaratan dari pekerjaan yang
diinginkan |
15 |
1 |
|||
c. Mengetahui faktor dan alasan yang mempengaruhi
pilihan pekerjaan |
16 |
1 |
|||
d.
Mengidentifikasi resiko-resiko yang mungkin muncul dari pekerjaan yang
diminati |
17 |
1 |
|||
6. Realisasi Keputusan Karir |
a. Memahami kekuatan dan kelemahan diri yang berhubungan dengan pilihan karir yang diinginkan |
18 |
1 |
||
b. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat
karir yang diinginkan |
19 |
1 |
|||
c. Mampu mengambil manfaat membuat keputusan
yang realistik |
20 |
1 |
|||
Jumlah |
20 |
|
|||
ANGKET KARIR
PETUNJUK PENGISIAN
Berikut ini terdapat sejumlah pertanyaan
tentang situasi karir yang andaikan terjadi pada diri anda. Anda diminta
memilih satu dari pilihan mengenai apa yang anda lakukan dalam situasi
tersebut.
Bacalah setiap pertanyaan berikut ini
dengan seksama, kemudian pilihlah jawaban A, B, C atau D yang sesuai dengan
kondisi anda, dengan memberikan tanda silang ( X ) pada jawaban yang dipilih.
Peneliti sangat menghargai kejujuran dan keterbukaan anda.
SELAMAT
MENGERJAKAN
Soal Angket Karir
1.Sekarang anda
kelas X Akuntansi, dalam hal pekerjaan yang akan anda rencanakan:
a.Mempertimbangkan pekerjaan yang sesuai
dengan kemampuan
b.Memilih pekerjaan yang disenangi
c.Belum saatnya menetukan pekerjaan
d.Belum memiliki gambaran pekerjaan yang
akan ditekuni
2.Disekolah
diadakan pelatihan sesuai jurusan siswa
setelah kegiatan sekolah, maka anda akan:
a.Tidak mengikuti karena hanya
membuang-buang waktu saja
b.Mengikuti untuk menambah pengetahuan dan
keterampilan
c.Mengikuti untuk mengisi waktu luang
d.Mengikuti jika tidak menyita banyak
waktu
3.Pihak yang tepat
di mintai pertimbangan mengenai pekerjaan yang akan anda tekuni:
a.Teman sekelas yang satu jurusan
b.Saudara yang pernah bekerja di bidang
yang sama
c.Tidak perlu pertimbangan orang lain
d.Orang tua, guru BK, dan pegawai BKK
sekolah
4. Seandainya anda
baru saja lulus dari sekolah dan belum memiliki informasi kerja, maka anda:
a.Mencari informasi kerja dari BKK sekolah
b.Segera mencari informasi kerja dari
berbagai media
c.Bingung cara mencari informasi kerja
d.Menunggu informasi kerja dari saudara
5. Seandainya anda
memiliki teman akrab satu jurusan dan akan berencana mencari pekerjaan di
bidang yang sama, maka langkah anda:
a.Menganggap teman adalah saingan
b.Bekerjasama dan saling bertukar ide dan
pengalaman
c.Bekerjasama dengan teman tetapi tetap
bersaing
d.Bekerjasama jika membutuhkan saja
6. Bila anda
menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian, yang akan anda lakukan:
a.Mencari peluang pekerjaan yang sesuai
dengan keahlian
b.Mencari peluang pekerjaan yang bisa
dimasuki, meskipun tidak sesuai keahlian
c.Meminta orang lain mencarikan peluang
kerja
d.Belum saatnya menentukan peluang
pekerjaan
7. Aspek yang
perlu dicermati dalam informasi lowongan pekerjaan adalah:
a.Batas waktu terakhir melamar pekerjaan
b.Persyaratan dan ketentuan pendaftaran
pekerjaan
c.Penyusunan surat lamaran pekerjaan yang
baik
d.Perkiraan dapat diterima atau ditolak
8.Bila anda sudah
mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang dibutuhkan, langkah anda adl:
a.Segera menyusun surat lamaran pekerjaan
b.Mengumpulkan dulu semua informasi
lowongan pekerjaan
c.Mempelajari informasi pekerjaan
tersebut, untuk dapat menentukan langkah dengan tepat
d.Belum siap mengajukan lamaran pekerjaan
9. Apabila anda
memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda dengan teman di sekolah, maka:
a.Fokus pada bakat dan kemampuan yang
dimiliki
b.Tidak meningkatkan bakat dan kemampuan
yang dimiliki
c.Tidak bergaul dengan teman-teman lagi
d.Merasa tidak memiliki potensi seperti
teman
10. Seandainya
anda memiliki seorang teman yang telah berpengalaman bekerja pada bidang yang
sama dengan anda, maka langkah yang akan anda lakukan:
a.Meminta saran dan bimbingan agar dapat
bekerja dengan maksimal
b.Bertanya jika mengalami kesulitan dalam
bekerja
c.Meminta bimbingan jika, orang tersebut
berkenan
d.Bimbingan dari orang lain tidak
diperlukan
11. Menurut anda
hal penting yang menjadikan seorang pekerja pindah tempat kerja,adalah faktor:
a.Tidak ada hal yang mempengaruhi
seseorang pindah pekerjaan
b.Lingkungan kerja yang tercemar
c.Tidak adanya jaminan kesejahteraan dan
keselamatan kerja yang memadai
d.Target kerja yang tinggi tidak diimbangi
dengan besarnya penghasilan
12.Supaya mampu
bekerja secara optimal, maka yang anda lakukan:
a.Membangun hubungan baik dengan atasan
b.Merasa bisa, tidak mau bertanya jika
mengalami kesulitan
c.Meminta teman kerja memberikan contoh
d.Memahami prosedur dan standar kerja yang
akan dijalankan
13. Menurut anda
seorang pegawai yang profesional adalah yang menurut anda:
a.Melaksanakan tugas sendiri saja, tidak
mau kerjasama
b.Selalu mengkritik pekerjaan orang lain
c.Bekerja sesuai dengan tugas dan taat
peraturan
d.Sadar dengan hak pegawai tapi melupakan
kewajiban
14. Jika ingin bekerja
dengan maksimal maka yang harus diketahui dan dipahami sebelum bekerja:
a.Tugas dan kewajiban yang akan dijalankan
b.Tugas dan kewajiban yang bisa dikerjakan
c.Hak yang akan diperoleh setelah bekerja
d.Tidak perlu memahami tugas dan hak
pekerja
15. Saat anda akan
melamar kerja di perusahaan, maka apa yang akan anda lakukan:
a.Meminta teman membuatkan lamaran
pekerjaan
b.Menyusun surat lamaran dan persyaratan
dengan jujur serta meyakinkan
c.Memenuhi persyaratan dan lamaran dengan
meyakinkan
d.Jika bisa, memenuhi semua persyarata
16. Apabila anda
ditawari pekerjaan oleh saudara anda, yang perlu anda pertimbangkan sebelum
anda menentukan pilihan pekerjaan tersebut adalah:
a.Kesesuaian antara pekerjaan dengan
minat, keahlian dan kemampuan
b.Pekerjaan tersebut sesuai dengan minat
yang saya miliki
c.Pekerjaan tersebut memberikan fasilitas
yang memadai
d.Pekerjaan tersebut tidak membutuhkan
kerja kera
17. Selain fasilitas,
ada resiko yang dihadapi saat bekerja, menurut anda resiko yang berat:
a.Jauh dari orang tua
b.Fasilitas saja yang saya pikirkan
c.Tidak mampu mengaplikasikan keterampilan
d.Penyesuaian diri dan gaya hidup di
tempat kerja
18. Seandainya
anda memiliki potensi yang kelak akan bermanfaat dalam dunia kerja, maka:
a.Tidak perlu meningkatkan potensi
b.Mengoptimalkan potensi jika di suruh
guru
c.Mengoptimalkan potensi dengan banyak
latihan
d.Mengoptimalkan potensi dan latihan jika
ada waktu
19. Aspek yang
perlu dimiliki seseorang yang dapat mendukung keberhasilan dalam bekerja adl:
a.Pemahaman mengenai keinginan atau minat
terhadap pekerjaan dan mau bekerja keras
b.Sikap disiplin dan patuh terhadap
peraturan pekerjaan
c.Belum memahami faktor pendukung dalam
pekerjaan
d.Pemahaman mendalam mengenai keahlian dan
kemampuan yang dimiliki disertai disiplin serta kerja keras
20. Saat anda
harus menentukan pilihan pekerjaan, maka yang anda akan lakukan:
a.Menentukan pilihan karir sendiri
b.Belum tahu yang akan dilakukan
c.Meminta pertimbangan, tapi pilihan karir
tetap ditentukan sendiri
d.Meminta orang lain memilihkan.
Pedoman observasi Siswa
No. |
Aspek yang
diteliti |
Tulis |
Keterangan |
|
Ya |
Tidak |
|||
Kematangan
Karir |
|
|
|
|
1 |
Perencanaan
Karir a.
Pemahaman terhadap aspek yang
dibutuhkan dalam persiapan karir b.
Memahami langkah-langkah menyiapkan karir kedepan c.
Pemahaman terhadap alternatif pilihan Karir d. Memiliki
rencana karir setelah lulus sekolah |
|
|
|
2 |
Eksplorasi
Karir a.
Memahami sarana untuk
mendapatkan informasi karir b. Memahami
pengelolaan informasi karir |
|
|
|
3 |
Pengetahuan
tentang Membuat Keputusan Karir a.
Memahami cara membuat keputusan karir b.
Mengetahui langkah membuat keputusan karir c.
Belajar dari orang
lain cara membuat keputusan karir d. Mampu membuat keputusan karir yang tepat bagi
dirinya |
|
|
|
4 |
Pengetahuan (Informasi) tentang Dunia Kerja a.
Memahami minat dan
kemampuan diri b.
Memahami cara orang
lain mempelajari pekerjaannya c.
Mengetahui alasan orang lain berpindah pekerjaan d.
Mengetahui tugas pekerjaan dalam satu suatu
jabatan e. Memahami
perilaku-perilaku positif dalam bekerja |
|
|
|
5 |
Pengetahuan
tentang Kelompok Kerja yang lebih Disukai a.
Mengetahui tugas dari pekerjaan yang diinginkan b.
Memahami persyaratan yang dibutuhkan dari pekerjaan
yang diinginkan c.
Mengetahui faktor
dan alasan yang
mempengaruhi pilihan pekerjaan d. Memahami
resiko-resiko yang mungkin muncul dari pilihan pekerjaan |
|
|
|
6 |
Realisasi
Keputusan Karir a.
Memahami kekuatan dan kelemahan diri b.
Mengetahui faktor pendukung dan penghambat karir c.
Memahami manfaat pengambilan keputusan yang
realistik |
|
|
|
Pedoman Wawancara dengan Siswa
No |
Pertanyaan |
1 |
Perencanaan
Karir a.
Aspek atau hal-hal apa saja yang
sudah anda pahami
dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja? b.
Bagaimana langkah-langkah yang perlu
disusun untuk menyiapkan diri memasuki
dunia kerja kedepan? c.
Hal apa saja yang
anda pertimbangkan agar
mampu menyusun aternatif-alternatif pekerjaan yang
akan ditekuni dimasa depan? d.
Bagaimana rencana pekerjaan yang akan ditekuni setelah lulus sekolah? |
2 |
Eksplorasi
Karir a.
Sarana apa saja dan dari mana
saja anda bisa
mendapatkan informasi lowongan pekerjaan? b.
Bagaimana proses anda
mengelola informasi lowongan pekerjaan yang sudah
diperoleh dengan baik? |
3 |
Pengetahuan
tentang Membuat Keputusan Karir a.
Bagaimana cara dan langkah anda
untuk membuat pilihan
pekerjaan? b.
Ceritakan pengalaman orang lain
yang pernah anda
pelajari terkait membuat pilihan pekerjaan? c.
Pilihan pekerjaan apa yang sudah
anda miliki yang tepat dengan
kompetensi anda? |
4 |
Pengetahuan
(Informasi) tentang Dunia Kerja a.
Minat dan kemampuan apa yang anda
miliki untuk menunjang pekerjaan kedepan? b.
Bagaimana anda pernah belajar dari pengalaman nyata
kisah seseorang dalam mempelajari tugas-tugas
pekerjaan yang harus dilakukan? c.
Menurut anda, faktor
yang menjadi penyebab seseorang pindah pekerjaan adalah? d.
Tugas pekerjaan apa saja yang
kelak akan dijalankan dalam bidang akuntansi? e. Menurut anda,
perilaku-perilaku positif apa
yang sudah anda
dimiliki yang menunjang keberhasilan kerja? |
5 |
Pengetahuan
tentang Kelompok Pekerjaan yang lebih Disukai a.
Menurut anda tugas
apa saja yang
akan dijalankan bidang
akuntansi? b.
Bagaimana anda memahami persyaratan-persyaratan yang
biasa dibutuhkan dalam melamar pekerjaan? c.
Faktor dan alasan apa saja yang
anda pertimbangkan dalam
memilih pekerjaan yang akan ditekuni? d.
Bagaimana anda membuat prediksi terkait resiko-resiko yang mungkin akan
ditemui dari pilihan pekerjaan? |
6 |
Realisasi
Keputusan Karir a.
Kelebihan dan kekurangan diri
apa saja yang
anda miliki yang
menunjang pekerjaan
kedepan? b.
Bagaimana faktor pendukung dan
penghambat yang anda
hadapi untuk menekuni pekerjaan tertantu? c.
Manfaat apa saja
yang akan anda
peroleh jika mampu
membuat pilihan pekerjaan yang tepat? |
Komentar
Posting Komentar