Contoh RPP Bimbingan Klasikal BK Di SD
RENCANA
PELAKSANAAN PELAYANAN
BIMBINGAN
KLASIKAL MI AN NUUR
SEMESTER 2 TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
A
|
Komponen
Layanan
|
Layanan Dasar
|
|
B
|
Bidang
Layanan
|
Sosial
|
|
C
|
Topik Layanan
|
Berterimakasih kepada Orang tua
|
|
D
|
Fungsi
Layanan
|
Pemahaman dan pengembangan
|
|
E
|
Tujuan Umum
|
-Menjadikan
siswa lebih berterimakasih kepada orang tua
-Mengetahui
bagaimana cara berterimakasih kepada orang tua
|
|
F
|
Tujuan
Khusus
|
Memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang aspek
dan tugas perkembangan yang harus dikuasai
Memperoleh pemaknaan dan internalisasi atas aspek
dan tugas perkembangan yang harus dikuasasi,
Memiliki perilaku
|
|
G
|
Sasaran Layanan
|
Siswa kelas VI/Semester 2
|
|
H
|
Materi
|
1.
Tujuan
berterimaksih kepada orang tua
2.
Faktor
yang mempengaruhi
Cara menjadi pribadi yang
mudah berterimakasih
|
|
I
|
Waktu
|
1 x 45 menit
|
|
J
|
Sumber
|
Internet
|
|
K
|
Tempat
|
Di dalam kelas
|
|
L
|
Pihak terkait
|
Konselor/ guru BK dan siswa
|
|
M
|
Metode/teknik
|
Game, dan un sent letter
|
|
N
|
Media/alat
|
Kertas, bolpoin, dan
musik
|
|
O
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
8 Mei
2017
|
|
P
|
Uraian Pelaksanaan
|
||
Tahap
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
BK mengucapkan salam dan berdoa.
2.
Guru
BK memperkenalkan diri
3.
Guru
BK mengcek kehadiran siswa
4.
Menjelaskan run down dan peraturan kegiatan
5.
Guru BK memberikan ice breaking
|
5 menit
|
|
Inti
|
Sesi 1
1. Menjelaskan
peraturan di sesi inti
2. Berpasangan
dua anak
3. Bercerita
berpasangan
Sesi 2:
1.
Guru
BK memkondisikan siswa untuk duduk menghadap kedepan
2.
Guru BK menjelaskan peraturan dan bentuk kegiatan
inti berupa un sent letter
3.
Guru Bk memberikan selembar kertas kepada siswa
4.
Guru
BK mengawali un sent letter dengan memberikan materi tentang un sent letter dan
fungsinya
5.
Guru
BK membimbing siswa untuk menulis un sent letter kepada orang tua
6.
Guru BK memutarkan musik instrument ketika siswa
menuliskan un sent letter
7.
Beberapa siswa membacakan apa yang ia tulisakan dalam un
sent letter di depan kelas
8.
Guru
BK beserta siswa memberikan apresiasi kepada siswa yang bersedia maju
|
35 menit
|
|
Penutup
|
1.
Guru
BK menjelaskan keseluruhan kesimpulan dan
tujuan kegiatan layanan
2.
Guru
BK menawarkan layanan tindak lanjut
3.
Ucapan terimakasih dan berdoa
|
5menit
|
|
Q
|
Evaluasi
|
||
Evaluasi Proses
|
Siswa terlibat aktif, antusias, kreatif, saling
menghargai, saling mengeluarkan pendapat, berargumen dan mempertahankan
pendapat, merasa senang, alokasi waktu sesuai
|
||
Evaluasi
Hasil
|
Siswa
memahami dengan baik pentingnya berterimakasih kepada orang tua
Siswa
memperoleh banyak pengetahuan dan informasi tentang pentingnya berterimakasih
pada orang tua
Siswa
menyadari pentingya mempunyai sikap berterimakasih kepada
orang tua
Siswa
meyakini akan lebih baik apabila bersikap dan mempraktikan berterimakasih
kepada orang tua
Siswa dapat mengembangkan perilaku lebih positif
setelah menerima materi berterimakasih kepada orang tua
Siswa dapat merubah perilaku sehingga kehidupannya
lebih teratur dan bermakna
|
||
R
|
Tindak
Lanjut
|
Layanan Individual
|
5
|
|
||||
|
||||
Komentar
Posting Komentar