Contoh Silabus BK Di SD


YAYASAN AN-NUUR CAHAYA UMAT
             MADRASAH IBTIDAIYAH AN NUUR
                 Alamat : Jl.Letkol Subadri, Ngangkrik Triharjo Sleman DIY
            Telp. (0274) 4363895, Fax. (0274) 865077


SILABUS
BIMBINGAN DAN KONSELNG
MADRASAH IBTIDAIYAH AN NUUR
SEMERTER 2
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

 

Disusun Oleh:
Filastri Kurniasari, S.Pd

Yogyakarta
2017
SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING
Komponen Layanan           : Layanan Dasar
Bidang Bimbingan  : Sosial
Materi Bimbingan    : Berterimakasih kepada orang tua
Fungsi layanan        : Pemahaman dan Pengembangan
Alokasi Waktu          : 45 Menit
Siswa kelas               : VI/Semester 2

TUJUAN

DESKRIPSI MATERI
URAIAN KEGIATAN
METODE
MEDIA
RENCANA TINDAK LANJUT
1
2
3
4
5
6
7
Tujuan Umum:
Siswa mampu mampu:
1.    Memahami pentingnya berterimakasih kepada orang tua
2.  Mengetahui bagaimana cara berterimakasih kepada orang tua
Tujuan Khusus:
1.    Memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang aspek dan tugas perkembangan sosial
2.    Memperoleh pemaknaan dan internalisasi atas aspek dan tugas perkembangan sosial
3.    Memiliki perilaku berterimakasih kepada orang tua


Pentingnya berterimaksih
Berterima kasih akan memberikan dampak positif. Baik bagi yang mengucapkan maupun yang mendengarkan. Di bawah ini beberapa manfaat kalimat “terimakasih” :
1.      Bagi yang mengucapkan: Menunjukkan bahwa kamu bisa menghargai orang lain dan termasuk orang yang pemurah hati
2.      Manfaat bagi orang yang menerima ucapan : Merasa di hargai dan berguna bagi orang lain
3.      Menyehatkan hati
4.      Adanya perasaan senang/bahagia
Mengapa kita harus berterimakasih kepada orang tua?
1.    Besarnya jasa kedua orang tua jasa orang tua. Orang tua telah banyak berkorban untuk merawat dan membesarkan anak-anaknya. Semua jasa orang tua di kala anak masih kecil dan lemah perlu diingat dan dikenang untuk selamanya.
2.    Ridha Allah Beserta Ridha Orang Tua.
Saking mulianya orang tua disisi Allah, Allah menggantungkan Murka nya dan Ridhanya kepada orang tua untuk anaknya, jadi bisa di katakan bahwa kita harus hati hati dalam bersikap dan berucap kepada keduanya. Perlu kita ingat cerita legenda minang kabau “malin kundang” yah itulah anak yang dikutuk menjadi batu, karena mendurhakai orang tuanya serta tidak mengakui orang tua setelah ia menjadi kaya raya.Itulah akibatnya bagi orang yang tidak tahu tatakrama menghadapi orang tua

3.    Sebagai Motivasi Hidup
Orang tualah yang paling berpengaruh akan kehidupan seorang anak.Orang tua yang menjadi isnpirasi hidup dan motivasi hidup membuat seorang anak kuat menghadapi beratnya kehidupan.
4.    Perantara Kesuksesan Dimasa Depan
Seperti Thomas Alfa Edison yang dikenal dengan raja penemu, dengan segudang penemuannya terinspirasi dari seorang ibu walau hanya pensiunan guru, namun dengan semangat juang yang tinggi ditambah motivasi orang tua, ia sempat belajar dari ibunya tentang pengethuan dasar dan kemudian dikembangkan.akhirnya ia menjadi kuat dan pantang menyerah, penemuannya yang paling sulit adalah disaat menemukan lampu, diamana ia sudah mencoba lebih dari 1000 kali, namun dengan sifat pantang menyerah yang diturunkan ibunya, akhirnya Thomas Alfa Edison berhasil menemukan bohlam lampu, ini semua tidak lepas dari peran orang tua sebagai motivasi hidupnya. (http://www.ldiilampung.com/5-alasan-seorang-anak-wajib-berbakti-pada-orang-tua.html).
Cara-cara berterimakasih
1.    Tidak menyakiti perasaannya
Ketika masih kanak-kanak, mungkin kamu akan takut untuk menyakiti hati orang tua. Namun seiring berjalannya waktu, ketika beranjak dewasa, terkadang baik sengaja maupun tidak sengaja telah menyakiti perasaan orang tua, baik melalui tindakan atau perkataan. Jika kamu sangat mengasihi orang tua, berusahalah dengan sekuat tenaga untuk tidak menyakiti perasaannya. Segeralah meminta maaf atas kesalahan kamu dan  berterimakasihlah yang banyak hal tersebut akan sangat menghibur hatinya
5.      Ungkapkan perasaan Anda dengan tulus
Di saat-saat tertentu, terkadang karena sibuk dengan teman atau karena sekolah yang jauh sehingga harus ngekos kamu menjadi jauh dari orang tua, komunikasi dan intensitas bertemu dengan orang tua menjadi sangat jarang. Ada kalanya kamu perlu mengungkapkan secara tulus perasaan kamu kepada orang tau seperti "Aku sayang bapak ibu, aku kangen, terimakasih buat semuany dll."
6.      Membelikan hadiah
Pada saat-saat tertentu seperti hari ulang tahun kelahiran atau ulang tahun pernikahan kamu dapat membelikannya hadiah kepada orang tua sebagai kejutan.
7.      Mengajak berlibur
Adakalanya kesibukan kamu dalam belajar atau banyaknya menghabiskan waktu bersama teman-teman mengurangi kesempatan kamu untuk bisa berkumpul dengan orang tua. Orang tua biasanya juga sering merasa rindu kepada anak-anaknya. Obatilah rasa rindu  orang tua dengan sesekali mengajaknya berlibur. Mengajak orang tua kan menyenangkan hatinya, hal ini dapat menjadi bentuk terimakasih kamu buat orang tua.  (http://keluarga.com/keluarga/5-cara-menunjukkan-rasa-terima-kasih-anda-kepada-ibu)
8.      Jangan berbohong pada mereka
Orang tua sangat memahami anaknya, dan bahkan ketika sang anak berbohong, mereka dengan mudah mengetahuinya. Oleh karena itu, jangan berbohong kepada orang tua.  Usahakan untuk selalu jujur, karena walaupun menyakitkan, kejujuran tidak akan lebih sakit daripada perasaan dibohongi oleh anak sendiri.
9.      Hibur orang tua
Walaupun terkesan tegar dan kuat, kita harus sadar bahwa orang tua adalah manusia biasa.  Terkadang mereka melalui masa-masa sulit yang membuat hati mereka sedih.  Hanya karena tak ingin anaknya merasa khawatir, para orang tua memilih untuk menyembunyikan. Jika kamu melihat tanda-tanda orang tua sedang bersedih, jangan ragu untuk menghiburnya.  Ajak mereka bicara, dengarkan keluh-kesahnya, genggam tangannya, dan peluklah orang tuamu.
10.  Dengarkan nasihat mereka
Sudah sewajarnya apabila orang tua kita ingin didengarkan.  Tak jarang kita merasa jengkel dengan berbagai nasihat yang mereka katakan berulang-ulang, atau berbagai petuah tentang hidup yang diceritakan berkali-kali.  Cobalah untuk menahan rasa kesal dan jengkel di dalam hati, karena sebenarnya di balik setiap nasihat tersebut tersimpan doa dan harapan orang tua pada anaknya.Tak ada tujuan lain dari orang tua ketika memberikan nasihat selain untuk membuat anaknya menjadi orang yang lebih baik.  Walaupun saat ini terasa sedikit menyebalkan, mungkin suatu saat di masa depan, kamu akan sangat merindukan nasihat-nasihat dari orang tua.
11.  Jadilah orang sukses
Tak ada yang lebih diinginkan oleh kedua orang tua anda selain melihat anaknya menjadi orang yang sukses dan berhasil dalam hidupnya.  Sukses bisa berarti dalam hal pendidikan, karir, maupun kehidupan spiritual/ agama.  Oleh karena itu, berusahalah untuk meraih prestasi semaksimal mungkin di setiap bidang yang anda jalani, untuk kebahagiaan orang tua, dan untuk kehidupan kamu sendiri.
12.  Jadilah orang yang baik
Apa yang lebih diharapkan oleh orang tua selain melihat kamu menjadi orang yang sukses?  Jawabannya adalah melihat anda menjadi orang yang baik.  Yang dimaksud "baik" dalam hal ini adalah individu yang bisa berguna bagi masyarakat, taat terhadap berbagai peraturan, norma sosial, maupun aturan agama.  "Baik" juga bisa berarti jauh dari hal-hal yang merugikan diri sendiri maupun masyarakat. http://www.top10indo.com/2013/09/10-cara-membahagiakan-orang-tua.html)
Pendahu  luan



·         Guru BK mengucapkan salam dan berdoa.
·         Guru BK memperkenalkan diri
·         Guru BK mengcek kehadiran siswa
·         Menjelaskan run down dan peraturan kegiatan
·         Guru BK memberikan ice breaking

Ice breaking
Game
Kertas, bolpoin, dan musik
Layanan Individual

Kegiatan Inti


Sesi 1
·         Menjelaskan peraturan di sesi inti
·         Berpasangan dua anak
·         Bercerita berpasangan
Sesi 2:
·         Guru BK memkondisikan siswa untuk duduk menghadap kedepan
·         Guru BK menjelaskan peraturan dan bentuk kegiatan inti berupa un sent letter
·         Guru Bk memberikan selembar kertas kepada siswa
·         Guru BK mengawali un sent letter dengan memberikan materi tentang un sent letter dan fungsinya
·         Guru BK membimbing siswa untuk menulis un sent letter kepada orang tua
·         Guru BK memutarkan musik instrument ketika siswa menuliskan un sent letter
·         Beberapa siswa membacakan apa yang ia tulisakan dalam un sent letter di depan kelas
·         Guru BK beserta siswa memberikan apresiasi kepada siswa yang bersedia maju
Un sent letter

Penutup

·         Guru BK menjelaskan keseluruhan kesimpulan  dan menegaskan tujuan  kegiatan layanan
·         Guru BK menawarkan layanan tindak lanjut
·         Ucapan terimakasih dan berdoa
Tanya Jawab


Mengetahui,                                                                                                                 Sleman,
Kepala Sekolah                                                                                      Guru Bimbingan dan Konseling


Isro’i  Eko Wibowo, SP.d.I                                                                           Filastri Kurniasari, S.Pd










 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh RPP Bimbingan Klasikal BK Di SD

INSTRUMEN BIDANG PRIBADI-SOSIAL, PENDIDIKAN DAN KARIR