INSTRUMEN BIDANG PRIBADI-SOSIAL, PENDIDIKAN DAN KARIR


TUGAS PENYUSUNAN INSTRUMEN

 BIDANG PRIBADI-SOSIAL, PENDIDIKAN DAN KARIR

 

 

 

 

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengembangan Instrumen dan Media BK

Dosen pengampu: Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd dan Dr. Ali Muhtadi, S.Pd, M.Pd

 

 


 

 

 

 

 




 

 


Oleh :

FILASTRI KURNIASARI

NIM. 20713251018

 

PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING

PASCASARJANA

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

                                                                          2021      

 

 

Bidang Pribadi-Sosial: Pengukuran Komunikasi Interpersonal

Landasan Teori Instrumen:

     Instrumen yang digunakan untuk mengukur komunikasi interpersonal menggunakan alat ukur baku yang dibuat oleh Millard J. Bienvenu (1971) yaitu Interpersonal Comunication skill Inventory (ICI). Instrumen ini memiliki empat aspek keterampilan yang dibutuhkan dalam komunikasi interpersonal yaitu kemampuan komunikasi interpersonal dalam mengirim pesan dengan jelas, mendengarkan, menerima dan memberikan umpan balik, dan mengatasi interaksi emosional anak. Menurut Millard J. Bienvenu (1971), ada lima komponen komunikasi interpersonal, yaitu:

1.     Self Concept, memahami konsep diri merupakan faktor penting yang mempengaruhi   komunikasi dengan orang lain.

2.     Ability, kemampuan yang dimaksud disini yaitu kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik, dan keterampilan mendapat perhatian

3.     Skill Experience, kemampuan mengekspresikan pikiran dan ide-ide yang baik memudahkan individu untuk melakukan komunikasi dengan orang lain.

4.     Emotion, yang dimaksud emosi disini adalah individu dapat mengatasi emosinya secara konstruktif dan tidak mudah marah.

5.     Self Disclousure, sikap terbuka kepada orang lain dan berkomunikasi secara secara bebas dan jujur menjadikan komunikasi interpersonal mudah terbentuk.

    

       Kisi-kisi Pedoman Observasi

No

Kompetensi Komunikasi Interpersonal

No Item

1

Kemampuan mengirim pesan dengan jelas

-Berbicara dengan jelas

-Mengenali suasana saat berbicara

-Menjelaskan isi pesan

1-3

2

Kemampuan mendengarkan

-Memberikan respon

-Memberikan perhatian dan fokus

4-5

3

Kemampuan menerima dan memberikan umpan balik

-Mengatakan pendapat

-Memuji dan memberi penghargaan

6-7

4

Kemampuan mengatasi interaksi emosional anak

-Meminta maaf

-Mengakui kesalahan

8-9

Total Item

9

 

Kisi-kisi Pedoman Wawancara

No

Kompetensi Komunikasi Interpersonal

No Item

1

Kemampuan mengirim pesan dengan jelas

-Menyampaikan secara pesan

-Kondisi yang mempengaruhi anak berbicara kepada orang lain

1-2

2

Kemampuan mendengarkan

-Respon anak ketika mendengarkan

3

3

Kemampuan menerima dan memberikan umpan balik

-Intensitas memberi dan menerima umpan balik

4

4

-Kemampuan mengatasi interaksi emosional anak

-Keterbukaan anak kepada orang lain

-Kemampuan menjelaskan permasalahan

5-6

Total Item

6

 

Bidang Pribadi-Sosial: Pedoman Observasi Komunikasi Interpersonal

Tujuan:

Pedoman Observasi Komunikasi Interpersonal bertujuan unutuk memberikan panduan pelaksaan observasi tentang kekuatan dan potensi komunikasi interpersonal anak guna pengembangan (meningkatkan). Beri nilai setiap perilaku yang muncul pada anak dengan jujur, maka akan diketahui profil tingkat kemampuan komunikasi interpersonal anak sebelum konseling melalui empat bidang kompetensi komunikasi interpersonal.

Petunjuk Pengisian:

1.     Bacalah setiap item secara hati-hati dan jujur ​​menilai seberapa sering perilaku tertentu berlaku untuk anak dengan cara observasi.

2.     Sesuaikan jawaban berdasarkan perkembangan anak usia dini (5-6 Tahun)

3.     Berilah jawaban pada kolom yang disediakan dengan tanda (I). Sesuai jumlah frekuensi perilaku yang muncul pada anak.

4.     Berilah jawaban lain pada kolom “Lainnya” untuk jawaban yang tidak menunjukkan frekuensi.

Bagian 1: Mengirim Pesan dengan Jelas

No

Perilaku

Frekuensi

Lainnya

1

Anak dapat berbicara sesuai dengan tujuan dan dapat dipahami

 

 

2

Orang lain tampak tertarik dan penuh perhatian ketika anak berbicara

 

 

3

Anak mampu berbicara tentang hal-hal yang menarik bagi anak dan orang lain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagian 2: Mendengarkan

No

Perilaku

Frekuensi

Lainnya

1

Anak dapat melanjutkan kalimat atau kata-kata yang berikan orang lain dalam percakapan

 

 

2

Anak memberikan perhatian ketika orang lain sedang melakukan pemrbicaraan dengannya

 

 

Bagian 3. Memberi dan Menerima Umpan Balik

No

Perilaku

Frekuensi

Lainnya

1

Anak mudah mengatakan perbedaan antara orang lain dan perasaan anak

 

 

2

Anak mudah memberikan pujian untuk orang lain

 

 

 

Bagian 4. Menangani Interaksi Emosional

No

Perilaku

Frekuensi

Lainnya

1

Anak meminta maaf, ketika anak merasa telah menyakiti seseorang.

 

 

2

Anak mengakui bahwa anak salah ketika melakukan kesalahan

 

 

 

Catatan:

………………………………………………………………………………………………

Bidang Pribadi-Sosial : Pedoman Wawancara Komunikasi Interpersonal

Tujuan:

Pedoman Wawancara Komunikasi Interpersonal bertujuan untuk memberikan panduan pelaksaan wawancara tenta ng kekuatan dan potensi komunikasi interpersonal anak guna pengembangan (meningkatkan). Beri jawaban setiap perilaku anak dengan jujur sesuai dengan kondisi anak, maka akan diketahui profil tingkat kemampuan komunikasi interpersonal anak sebelum konseling melalui empat bidang kompetensi komunikasi interpersonal.

Petunjuk Pengisian:

1.     Bacalah setiap item secara hati-hati dan jujur ​

2.     Sesuaikan jawaban berdasarkan perkembangan anak usia dini (5-6 Tahun)

3.     Berilah jawaban pada kolom yang disediakan dengan jelas

No

Pertanyaan: Mengirim Pesan dengan Jelas

1

Apakah anak mudah untuk berbicara dengan orang lain?

2

Anak mau berbicara dengan orang lain ketika apa?

 

Pertanyaan: Mendengarkan

3

Apakah anak bertanya kepada orang lain, ketika tidak memahami apa yang orang lain katakan?

 

Pertanyaan: Memberi dan Menerima Umpan Balik

4

Apakah anak membantu orang lain untuk memahami diri anak dengan mengatakan bagaimana perasaannya?

 

Pertanyaan: Menangani Interaksi Emosional

5

Apakah anak sering mempunyai “tameng” untuk menganti subyek ketika orang lain masuk ke dalam diskusi?

6

Ketika timbul masalah antara  anak dan orang lain, apakah anak mendiskusikannya?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bidang Pribadi-Sosial : Kuesioner Komunikasi Interpersonal

Berilah tanda silang (X) pada kolom jawaban yang anda anggap paling tepat.

5=Selalu, 4=Sering, 3=Kadang-kadang, 2=Jarang, 1=Tidak pernah

Nama Orang Tua                  :

Nama Anak                           :

No

Pertanyaan: Mengirim Pesan dengan Jelas

5

Selalu

4

Sering

3

Kadang

2

Jarang

1

Tidak Pernah

1

Apakah anak anda mudah untuk berbicara dengan orang lain?

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan: Mendengarkan

 

 

 

 

 

3

Apakah anak anda bertanya kepada orang lain, ketika tidak memahami apa yang orang lain katakan?

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan: Memberi dan Menerima Umpan Balik

 

 

 

 

 

4

Apakah anak anda membantu orang lain untuk memahami diri anak dengan mengatakan bagaimana perasaannya?

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan: Menangani Interaksi Emosional

 

 

 

 

 

6

Ketika timbul masalah antara  anak anda dan orang lain, apakah anak mendiskusikannya?

 

 

 

 

 


Bidang Pendidikan: Kuesioner Bidang Pendidikan

HABITS OF MIND (KEBIASAAN BERFIKIR)

Defenisi Konseptual

      Habits of mind digunakan sebagai respon terhadap pertanyaan dan jawaban masalah yang tidak segera diketahui jawabannya, sehingga guru dapat mengobservasi bagaimana siswa menghasilkan sebuah pengetahuan daripada hanya mengingat pengetahuan atau dengan kata lain habits of mind merupakan kebiasaan berfikir seseorang karena atribut kritis dari kecerdasan manusia bukan hanya memperoleh pengetahuan tetapi juga mengetahui bagaimana mengamalkannya (Costa dan Kallick, 2000).: 65).

      Marzano (1993) mengungkapkan bahwa kebiasaan berpikir (habits of mind) ke dalam tiga kategori yaitu: self regulation, critical thinking dan creative thinking. Self regulation meliputi: (a) menyadari pemikirannya sendiri, (b) membuat rencana secara efektif, (c) menyadari dan menggunakan sumber-sumber informasi yang diperlukan, (d) sensitif terhadap umpan balik dan (e) mengevaluasi keefektifan tindakan. Critical thinking meliputi: (a) akurat dan mencari akurasi, (b) jelas dan mencari kejelasan, (c) bersifat terbuka, (d) menahan diri dari sifat impulsif, (e) mampu menempatkan diri ketika ada jaminan, (f) bersifat sensitif dan tahu kemampuan temannya. Creative thinking meliputi: (a) dapat melibatkan diri dalam tugas meski jawaban dan solusinya tidak segera nampak, (b) melakukan usaha semaksimal kemampuan dan pengetahuannya, (c) membuat, menggunakan, memperbaiki standar evaluasi yang dibuatnya sendiri, (d) menghasilkan cara baru melihat situasi yang berbeda dari cara biasa yang berlaku pada umumnya. Berdasarkan  kategori kebiasaan berpikir yang dimiliki seseorang individu tersebut, diketahui bahwa orang yang memiliki kebiasaan berpikir yang seimbang antara ketiga komponen tersebut cenderung tenang dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Dengan kata lain irisan ketiga ketegori tersebut membentuk kepribadian yang mantap (Rustaman, 2008: 7).

Definisi Operasional

     Habits of Mind atau Kebiasaaan Berfikir adalah karakteristik seseorang dalam berfikir yang melibatkan aspek regulasi diri (self regulation), berfikir kritis (critical thinking) serta berfikir kreatif (creative thinking)

 

Kisi- Kisi Kuesioner Kebiasaan Berfikir

Aspek

Indikator

No Item

Self

Regulation

 

1.     Membuat rencana secara efektif  

2.     Menyadari dan menggunakan sumber-sumber informasi yang diperlukan

3.     Keefektifan tindakan       

1,2,3,6

12

 

11,15

Critical Thinking

1.     Akurat dan mencari akurasi         

2.     Jelas dan mencari kejelasan        

3.     Bersifat terbuka   

4.     Bersifat sensitif dan tahu kemampuan pengetahuan temannya 

5,7

4

5

14

Creative Thinking

1.     Dapat melibatkan diri dalam tugas meski jawaban dan solusinya tidak segera tampak

2.     Melakukan usaha memaksimalkan kemampuan dan pengetahuannya

3.     Menghasilkan cara baru melihat situasi yang berbeda dari cara biasa yang berlaku pada umumnya       

15, 4

 

8

 

9, 10

 

Sumber: Modifikasi Marzano, Pickering and Mc Tighe (1993), Siti Sriyati (2011)

 

 

 

 

 

 

KUESIONER KEBIASAAN BERFIKIR

 

IDENTITAS DIRI

Nama Lengkap         : ………………………………………………..

Jenis Kelamin         : Laki-Laki / Perempuan *) coret yang tidak perlu

Umur                     : ………………………………………………..

Kelas                     : ………………………………………………..

No. Absen             : ………………………………………………..

 

PETUNJUK PENGISIAN

1.    Pernyataan dibawah merupakan pertanyaan-pertanyaan mengenai kesiapan karir

2.    Bacalah dengan cermat dan teliti setiap pernyataanberikut dan berilah jawaban

yang sesuai dengan diri Anda yang sebenarnya

 

Pertanyaan

1.    Apakah suasana tempat belajar anda rapi?

a.    Ya                 b. Tidak

2.    Apakah anda memiliki jadwal belajar?

a. Ya                 b. Tidak

3.    Apakah anda adalah orang yang suka bereksperimen terhadap suatu illmu?

a.    Ya                 b. Tidak

4.    Apakah anda melibatkan orang lain dalam masalah yang tidak dapat anda selesaikan?

a. Ya                 b. Tidak

5.    Ketika mengatasi masalah, apakah anda mengingat peristiwa tersebut dari awal hingga akhir ?

a. Ya                 b. Tidak

6.    Menurut anda, apakah bentuk lingkaran dan oval itu sama?

a. Ya                 b. Tidak

7.    Apakah anda merupakan orang yang pelupa ?

a.    Ya                 b. Tidak

8.    Apakah anda menggunakan sumber informasi yang akurat dalam menjawab persoalan?

a. Ya                 b. Tidak

9.    Apakah anda mengevaluasi keefektifan tindakan yang telah anda lakukan sehari-hari?

a. Ya                 b. Tidak

10.    Apakah anda melibatkan diri dalam upaya penyelesaian suatu masalah dalam kelompok?

a.Ya                 b. Tidak

 

PEDOMAN OBSERVASI KEBIASAAN BERFIKIR

 

IDENTITAS DIRI

Nama Lengkap         : ………………………………………………..

Jenis Kelamin         : Laki-Laki / Perempuan *) coret yang tidak perlu

Umur                     : ………………………………………………..

Kelas                      : ………………………………………………..

No. Absen              : ………………………………………………..

 

PETUNJUK PENGISIAN

1.    Pertanyaan dibawah merupakan pertanyaan-pertanyaan mengenai kesiapan karir

 

Hal yang diamati:

Aspek yang diamati

Ya

Tidak

1. Suasana tempat belajar rapi

 

 

2. Memiliki jadwal belajar

 

 

3. Melibatkan orang lain dalam masalah yang tidak dapat anda selesaikan

 

 

4. Menggunakan sumber informasi yang akurat dalam menjawab persoalan

 

 

5. Mengevaluasi keefektifan tindakan yang telah lakukan sehari-hari

 

 

6. Melibatkan diri dalam upaya penyelesaian suatu masalah dalam kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEDOMAN WAWANCARA KEBIASAAN BERFIKIR

 

IDENTITAS DIRI

Nama Lengkap         : ………………………………………………..

Jenis Kelamin         : Laki-Laki / Perempuan *) coret yang tidak perlu

Umur                     : ………………………………………………..

Kelas                     : ………………………………………………..

No. Absen             : ………………………………………………..

 

PETUNJUK PENGISIAN

1.    Pertanyaam dibawah merupakan pertanyaan-pertanyaan mengenai kesiapan karir, jawablah

Pertanyaan

1. Bagaimanakah cara anda mengatur jadwal belajar?

Jawaban: ………………………………………………………………………………………………

2. Apakah anda adalah orang yang suka bereksperimen terhadap suatu illmu?

Jawaban:……………………………………………………………………………………

3. Apakah anda melibatkan orang lain dalam masalah yang tidak dapat anda selesaikan?

Jawaban:……………………………………………………………………………………

5. Ketika mengatasi masalah, apakah anda mengingat peristiwa tersebut dari awal hingga akhir ?

Jawaban:……………………………………………………………………………………

6. Masalah apakah yang tidak pernah anda lupakan?

Jawaban:……………………………………………………………………………………………….

7. Apakah anda mempraktekkan ilmu dari mata pelajaran yang anda dapatkan di sekolah?

Jawaban:……………………………………………………………………………………………….

8. Mata pelajaran apakah yang paling anda senangi?

Jawaban:……………………………………………………………………………………………….

9. Apakah anda menggunakan sumber informasi yang akurat dalam menjawab persoalan?

Jawaban:……………………………………………………………………………………………..

10. Apakah anda memperhatikan kelebihan dan kelemahan kemampuan anda?

Jawaban:…………………………………………………………………………………………….

Bidang Karir: Kematangan Karir

Pengertian Kematangan Karier

       Menurut Super (dalam Saifuddin, 2018) kematangan karier adalah keberhasilan seseorang menyelesaikan tugas-tugas perkembangan karier yang khas pada tahap perkembangan tertentu. Yost dan Corbishly (dalam Aji, dkk, 2010) kematangan karier adalah keberhasilan individu untuk menyesuaikan dan membuat keputusan karier yang tepat dan sesuai dengan tahap perkembangan karirnya disebut kematangan karier. Brown & Brooks (dalam Nugrahaini dan Sawitri, 2015) kematangan karier adalah kemampuan individu untuk mencapai karir sesuai dengan tahap perkembangan karirnya. Kematangan karir dapat didefinisikan dengan membandingkan tugas perkembangan yang dilaluinya dengan tugas perkembangan pada usia tersebut. Selain itu, kematangan karir mengacu pada kemampuan individu untuk menyelesaikan dan menguasai tugas dalam karirnya.

Aspek-aspek Kematangan Karier

     Kematangan karier adalah suatu variabel yang tersusun dari beberapa aspek. Super (dalam Saifuddin, 2018) mengungkapkan terdapat empat aspek kematangan karier remaja, yaitu:

1.     Perencanaan (Planfulness), yaitu kesadaran individu bahwa dirinya harus membuat pilihan pendidikan dan karier serta mempersiapkan diri untuk membuat pilihan tersebut

2.     Eksplorasi (Eksploration), yaitu individu secara aktif menggunakan berbagai sumber untuk memperoleh informasi mengenai dunia kerja umumnya dan untuk memilih salah satu bidang pekerjaan dan studi lanjut khususnya.

3.     Kompetensi Informasional (Information), yaitu individu dengan kompetensi yang berkembang dengan baik memiliki pengetahuan yang cukup untuk menggunakan informasi tentang studi lanjut dan karier yang dimiliki untuk dirinya, serta mulai mengkristalisasikan pilihan pada bidang dan tingkat pekerjaan tertentu.

4.     Pengambilan Keputusan (Decision Making), yaitu individu mengetahui apa yang harus dipertimbangkan dalam membuat pilihan pendidikan dan karier, kemudian membuat pilihan studi lanjut dan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan.

 

Kisi-kisi Angket Kematangan Karir

Indikator

Sub Indikator

No. Item

Jumlah

1. Perencanaan Karir

a. Menyadari wawasan dan persiapan karir

1

1

b. Memahami pertimbangan altenatif pilihan karir

3

1

c. Memiliki perencanaan karir dimasa depan

2

1

2. Eksplorasi Karir

a. Mengumpulkan     informasi     karir     dari berbagai sumber

4

1

b. Memanfaatkan informasi karir yang telah diperoleh

7

1

3. Pengetahuan tentang Membuat Keputusan

Karir

a. Mengetahui cara dan langkah membuat

keputusan karir

6

1

b. Mempelajari cara orang lain membuat keputusan karir

5

1

c. Menentukan keputusan karir yang tepat

8

1

4. Pengetahuan (Informasi) tentang Dunia Kerja

a. Mengetahui minat dan kemampuan diri

9

1

b. Mengetahui cara orang lain mempelajari

hal-hal        yang        berkaitan        dengan pekerjaannya

 

10

 

1

c. Mengetahui alasan orang lain berpindah pekerjaan

11

1

d. Mengetahui tugas pekerjaan dalam suatu

jabatan

12

1

e. Mengetahui      perilaku-perilaku      dalam bekerja

13

1

5. Pengetahuan tentang Kelompok Pekerjaan yang      lebih Disukai

a. Memahami tugas dari pekerjaan yang diinginkan

14

1

b. Mengetahui persyaratan dari pekerjaan

yang diinginkan

15

1

c. Mengetahui    faktor    dan    alasan    yang

mempengaruhi pilihan pekerjaan

16

1

d. Mengidentifikasi resiko-resiko yang mungkin muncul dari pekerjaan yang diminati

 

17

 

1

6. Realisasi Keputusan Karir

a. Memahami kekuatan dan kelemahan diri

yang berhubungan dengan pilihan karir yang diinginkan

 

18

 

1

b. Mengetahui      faktor      pendukung      dan penghambat karir yang diinginkan

19

1

c. Mampu    mengambil manfaat membuat

keputusan yang realistik

20

1

Jumlah

20

 

 

ANGKET KARIR

PETUNJUK PENGISIAN

Berikut ini terdapat sejumlah pertanyaan tentang situasi karir yang andaikan terjadi pada diri anda. Anda diminta memilih satu dari pilihan mengenai apa yang anda lakukan dalam situasi tersebut.

Bacalah setiap pertanyaan berikut ini dengan seksama, kemudian pilihlah jawaban A, B, C atau D yang sesuai dengan kondisi anda, dengan memberikan tanda silang ( X ) pada jawaban yang dipilih. Peneliti sangat menghargai kejujuran dan keterbukaan anda.

SELAMAT MENGERJAKAN

Soal Angket Karir

1.Sekarang anda kelas X Akuntansi, dalam hal pekerjaan yang akan anda rencanakan:

a.Mempertimbangkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan

b.Memilih pekerjaan yang disenangi

c.Belum saatnya menetukan pekerjaan

d.Belum memiliki gambaran pekerjaan yang akan ditekuni

2.Disekolah diadakan pelatihan  sesuai jurusan siswa setelah kegiatan sekolah, maka anda akan:

a.Tidak mengikuti karena hanya membuang-buang waktu saja

b.Mengikuti untuk menambah pengetahuan dan keterampilan

c.Mengikuti untuk mengisi waktu luang

d.Mengikuti jika tidak menyita banyak waktu

3.Pihak yang tepat di mintai pertimbangan mengenai pekerjaan yang akan anda tekuni:

a.Teman sekelas yang satu jurusan

b.Saudara yang pernah bekerja di bidang yang sama

c.Tidak perlu pertimbangan orang lain

d.Orang tua, guru BK, dan pegawai BKK sekolah

4. Seandainya anda baru saja lulus dari sekolah dan belum memiliki informasi kerja, maka anda:

a.Mencari informasi kerja dari BKK sekolah

b.Segera mencari informasi kerja dari berbagai media

c.Bingung cara mencari informasi kerja

d.Menunggu informasi kerja dari saudara

5. Seandainya anda memiliki teman akrab satu jurusan dan akan berencana mencari pekerjaan di bidang yang sama, maka langkah anda:

a.Menganggap teman adalah saingan

b.Bekerjasama dan saling bertukar ide dan pengalaman

c.Bekerjasama dengan teman tetapi tetap bersaing

d.Bekerjasama jika membutuhkan saja

6. Bila anda menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian, yang akan anda lakukan:

a.Mencari peluang pekerjaan yang sesuai dengan keahlian

b.Mencari peluang pekerjaan yang bisa dimasuki, meskipun tidak sesuai keahlian

c.Meminta orang lain mencarikan peluang kerja

d.Belum saatnya menentukan peluang pekerjaan

7. Aspek yang perlu dicermati dalam informasi lowongan pekerjaan adalah:

a.Batas waktu terakhir melamar pekerjaan

b.Persyaratan dan ketentuan pendaftaran pekerjaan

c.Penyusunan surat lamaran pekerjaan yang baik

d.Perkiraan dapat diterima atau ditolak

8.Bila anda sudah mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang dibutuhkan, langkah anda adl:

a.Segera menyusun surat lamaran pekerjaan

b.Mengumpulkan dulu semua informasi lowongan pekerjaan

c.Mempelajari informasi pekerjaan tersebut, untuk dapat menentukan langkah dengan tepat

d.Belum siap mengajukan lamaran pekerjaan

9. Apabila anda memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda dengan teman di sekolah, maka:

a.Fokus pada bakat dan kemampuan yang dimiliki

b.Tidak meningkatkan bakat dan kemampuan yang dimiliki

c.Tidak bergaul dengan teman-teman lagi

d.Merasa tidak memiliki potensi seperti teman

10. Seandainya anda memiliki seorang teman yang telah berpengalaman bekerja pada bidang yang sama dengan anda, maka langkah yang akan anda lakukan:

a.Meminta saran dan bimbingan agar dapat bekerja dengan maksimal

b.Bertanya jika mengalami kesulitan dalam bekerja

c.Meminta bimbingan jika, orang tersebut berkenan

d.Bimbingan dari orang lain tidak diperlukan

11. Menurut anda hal penting yang menjadikan seorang pekerja pindah tempat kerja,adalah faktor:

a.Tidak ada hal yang mempengaruhi seseorang pindah pekerjaan

b.Lingkungan kerja yang tercemar

c.Tidak adanya jaminan kesejahteraan dan keselamatan kerja yang memadai

d.Target kerja yang tinggi tidak diimbangi dengan besarnya penghasilan

12.Supaya mampu bekerja secara optimal, maka yang anda lakukan:

a.Membangun hubungan baik dengan atasan

b.Merasa bisa, tidak mau bertanya jika mengalami kesulitan

c.Meminta teman kerja memberikan contoh

d.Memahami prosedur dan standar kerja yang akan dijalankan

13. Menurut anda seorang pegawai yang profesional adalah yang menurut anda:

a.Melaksanakan tugas sendiri saja, tidak mau kerjasama

b.Selalu mengkritik pekerjaan orang lain

c.Bekerja sesuai dengan tugas dan taat peraturan

d.Sadar dengan hak pegawai tapi melupakan kewajiban

14. Jika ingin bekerja dengan maksimal maka yang harus diketahui dan dipahami sebelum bekerja:

a.Tugas dan kewajiban yang akan dijalankan

b.Tugas dan kewajiban yang bisa dikerjakan

c.Hak yang akan diperoleh setelah bekerja

d.Tidak perlu memahami tugas dan hak pekerja

15. Saat anda akan melamar kerja di perusahaan, maka apa yang akan anda lakukan:

a.Meminta teman membuatkan lamaran pekerjaan

b.Menyusun surat lamaran dan persyaratan dengan jujur serta meyakinkan

c.Memenuhi persyaratan dan lamaran dengan meyakinkan

d.Jika bisa, memenuhi semua persyarata

16. Apabila anda ditawari pekerjaan oleh saudara anda, yang perlu anda pertimbangkan sebelum anda menentukan pilihan pekerjaan tersebut adalah:

a.Kesesuaian antara pekerjaan dengan minat, keahlian dan kemampuan

b.Pekerjaan tersebut sesuai dengan minat yang saya miliki

c.Pekerjaan tersebut memberikan fasilitas yang memadai

d.Pekerjaan tersebut tidak membutuhkan kerja kera

17. Selain fasilitas, ada resiko yang dihadapi saat bekerja, menurut anda resiko yang berat:

a.Jauh dari orang tua

b.Fasilitas saja yang saya pikirkan

c.Tidak mampu mengaplikasikan keterampilan

d.Penyesuaian diri dan gaya hidup di tempat kerja

18. Seandainya anda memiliki potensi yang kelak akan bermanfaat dalam dunia kerja, maka:

a.Tidak perlu meningkatkan potensi

b.Mengoptimalkan potensi jika di suruh guru

c.Mengoptimalkan potensi dengan banyak latihan

d.Mengoptimalkan potensi dan latihan jika ada waktu

19. Aspek yang perlu dimiliki seseorang yang dapat mendukung keberhasilan dalam bekerja adl:

a.Pemahaman mengenai keinginan atau minat terhadap pekerjaan dan mau bekerja keras

b.Sikap disiplin dan patuh terhadap peraturan pekerjaan

c.Belum memahami faktor pendukung dalam pekerjaan

d.Pemahaman mendalam mengenai keahlian dan kemampuan yang dimiliki disertai disiplin serta kerja keras

20. Saat anda harus menentukan pilihan pekerjaan, maka yang anda akan lakukan:

a.Menentukan pilihan karir sendiri

b.Belum tahu yang akan dilakukan

c.Meminta pertimbangan, tapi pilihan karir tetap ditentukan sendiri

d.Meminta orang lain memilihkan.

Pedoman observasi Siswa

 

No.

Aspek yang diteliti

Tulis

Keterangan

Ya

Tidak

Kematangan Karir

 

 

 

1

Perencanaan Karir

a.   Pemahaman terhadap aspek yang dibutuhkan dalam persiapan karir

b.  Memahami langkah-langkah menyiapkan karir kedepan

c.   Pemahaman terhadap alternatif pilihan Karir

d.  Memiliki rencana karir setelah lulus sekolah

 

 

 

2

Eksplorasi Karir

a.   Memahami sarana untuk mendapatkan informasi karir

b.  Memahami pengelolaan informasi karir

 

 

 

3

Pengetahuan tentang Membuat Keputusan Karir

a.   Memahami cara membuat keputusan karir

b.  Mengetahui langkah membuat keputusan karir

c.   Belajar dari orang lain cara membuat keputusan karir

d.  Mampu membuat keputusan karir yang tepat bagi dirinya

 

 

 

4

Pengetahuan (Informasi) tentang Dunia Kerja

a.   Memahami minat dan kemampuan diri

b.  Memahami cara orang lain mempelajari pekerjaannya

c.   Mengetahui alasan orang lain berpindah pekerjaan

d.  Mengetahui tugas pekerjaan dalam satu suatu jabatan

e.   Memahami perilaku-perilaku positif dalam bekerja

 

 

 

5

Pengetahuan tentang Kelompok Kerja yang lebih Disukai

a.   Mengetahui tugas dari pekerjaan yang diinginkan

b.  Memahami persyaratan yang dibutuhkan dari pekerjaan yang diinginkan

c.   Mengetahui faktor dan alasan yang mempengaruhi pilihan pekerjaan

d.  Memahami resiko-resiko yang mungkin muncul dari

pilihan pekerjaan

 

 

 

6

Realisasi Keputusan Karir

a.   Memahami kekuatan dan kelemahan diri

b.  Mengetahui faktor pendukung dan penghambat karir

c.   Memahami manfaat pengambilan keputusan yang realistik

 

 

 


Pedoman Wawancara dengan Siswa

No

Pertanyaan

1

Perencanaan Karir

a.    Aspek atau hal-hal apa saja yang sudah anda pahami dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja?

b.   Bagaimana langkah-langkah yang perlu disusun untuk menyiapkan diri memasuki dunia kerja kedepan?

c.    Hal apa saja yang anda pertimbangkan agar mampu menyusun aternatif-alternatif pekerjaan yang akan ditekuni dimasa depan?

d.   Bagaimana rencana pekerjaan yang akan ditekuni setelah lulus sekolah?

2

Eksplorasi Karir

a.    Sarana apa saja dan dari mana saja anda bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan?

b.   Bagaimana proses anda mengelola informasi lowongan pekerjaan yang sudah diperoleh

dengan baik?

3

Pengetahuan tentang Membuat Keputusan Karir

a.    Bagaimana cara dan langkah anda untuk membuat pilihan pekerjaan?

b.   Ceritakan pengalaman orang lain yang pernah anda pelajari terkait membuat pilihan pekerjaan?

c.    Pilihan pekerjaan apa yang sudah anda miliki yang tepat dengan kompetensi anda?

4

Pengetahuan (Informasi) tentang Dunia Kerja

a.    Minat dan kemampuan apa yang anda miliki untuk menunjang pekerjaan kedepan?

b.   Bagaimana anda pernah belajar dari pengalaman nyata kisah seseorang dalam mempelajari tugas-tugas pekerjaan yang harus dilakukan?

c.    Menurut anda, faktor yang menjadi penyebab seseorang pindah pekerjaan adalah?

d.   Tugas pekerjaan apa saja yang kelak akan dijalankan dalam bidang akuntansi?

e.    Menurut anda, perilaku-perilaku positif apa yang sudah anda dimiliki yang menunjang keberhasilan kerja?

5

Pengetahuan tentang Kelompok Pekerjaan yang lebih Disukai

a.    Menurut anda tugas apa saja yang akan dijalankan bidang akuntansi?

b.   Bagaimana anda memahami persyaratan-persyaratan yang biasa dibutuhkan dalam melamar pekerjaan?

c.    Faktor dan alasan apa saja yang anda pertimbangkan dalam memilih pekerjaan yang akan ditekuni?

d.   Bagaimana anda membuat prediksi terkait resiko-resiko yang mungkin akan ditemui

dari pilihan pekerjaan?

6

Realisasi Keputusan Karir

a.    Kelebihan dan kekurangan diri apa saja yang anda miliki yang menunjang pekerjaan kedepan?

b.   Bagaimana faktor pendukung dan penghambat yang anda hadapi untuk menekuni pekerjaan tertantu?

c.    Manfaat apa saja yang akan anda peroleh jika mampu membuat pilihan pekerjaan yang

tepat?

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh RPP Bimbingan Klasikal BK Di SD

Contoh Silabus BK Di SD