MEDIA BK NON ELETRONIK BIDANG PRIBADI-SOSIAL
MEDIA BK NON ELETRONIK BIDANG PRIBADI-SOSIAL
BOOKLET
MUSIK DAN PUISI
Filastri Kurniasari |
(20713251018) |
PROGRAM STUDI S2 BIMBINGAN
DAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
MUSIK DAN PUISI
DAFTAR ISI
Halaman Judul......................................................................................... i
LATAR
BELAKANG
Teknik bimbingan dalam
ruang lingkup layanan bimbingan dan konseling terus berkembang dan mengalami
kemajuan.Untuk itu diperlukan kreativitas dari seorang konselor dalam
menggunakan teknik bimbingan. Penggunaan teknik bimbingan dari konselor kepada
konseli merupakan suatu hal yang essensial. Hal ini dikarenakan bimbingan yang
dilakukan konselor merupakan suatu proses yang bersifat preventif dan mendidik.
Ada banyak teknik bimbingan yang dapat digunakan konselor dalam melakukan
bimbingan terhadap konseli. Tetapi tidak semua konseli mempunyai cara yang sama
dalam menerima bimbingan. Terkadang ketika seorang konselor sudah melakukan
teknik bimbingan, konseli tidak menunjukkan perubahan yang berarti. Bimbingan
menjadi sia-sia dan tidak membawa dampak apapun bagi konseli. Untuk itu seorang
konselor sekolah harus segera tanggap akan perkembangan ilmu baru dalam bidang
bimbingan, tak terkecuali perkembangan teknik bimbingan. Hal ini agar teknik
bimbingan yang dilakukan konselor sesuai dengan kebutuhan konseli. Ada banyak
teknik bimbingan, dua diantaranya melalui teknik bimbingan menggunakan musik
atau puisi. Khusus untuk teknik bimbingan ini dapat diberikan kepada semua
konseli. Karena pada dasarnya musik merupakan bagian dari kehidupan manusia.
Dalam perkembangan sejarah manusia sederhana sampai manusia modern tidak pernah
lepas dari musik, syair dan puisi. Hal ini terlihat dari hasil kebudayaan
manusia disetiap dearah. Masing-masing daerah mempunyai musik atau syair yang
khas. Namun dalam pemberian teknik bimbingan ini, konselor perlu memperhatikan
jenis musik, isi lirik lagu, isi puisi yang sesuai dengan keadaan konseli.
PENEMU
KONSEP
a.
Penemu musik dalam
bimbingan
1.
Gladding, 2011 ;Hendricks, Robinson, Bradle , &
Davis, 1999 menyatakan bahwa
: Siswa SMA secara signifikan dipengaruhi oleh musik.
2.
Campbell, Connell, & Beegle,
2007 menyatakan bahwa : Siswa SMA dapat menggunakan musik sebagai cara untuk
mengekspresikan diri, mengatasi stres, bersantai dan bersenang-senang.
3.
Glass, Curtis, & Thomas, 2005
menyatakan bahwa: musik dapat memainkan peran penting dalam membentuk bagaimana
remaja memandang dan menjalani dunia mereka.
4.
Kimbel dan Protivnak ( 2010 )
memberikan beberapa contoh intervensi musik bagi konselor sekolah untuk siswa
sekolah menengah yaitu: mendengarkan musik/sharing, revisi lirik, improvisasi,
dan intervensi musik dimasukkan ke dalam pelajaran bimbingan kelas.
5.
Hendricks, Robinson, Bradley, dan
Davis (1999) menyatakan bahwa memasukkan musik ke dalam konseling kelompok
dapat berguna untuk mengurangi jumlah depresi dikalangan remaja. Dalam kelompok
ini, remaja memilih lagu yang penting bagi mereka, berbagi dengan kelompok, dan
membahas mengapa mereka memilih lagu.
6.
Gladding et al. (2008) menemukan
bahwa menggunakan lirik lagu dapat
membantu dalam konseling. Konselor sekolah dapat memanfaatkan intervensi lirik
musik dengan cara : 1) mendengarkan lirik dengan siswa dan mendiskusikan hal penting yang terdapat di dalam lirik, 2)
menghubungkan lirik dengan pengalaman siswa, 3) Membantu siswa menghubungkan
lirik yang satu dengan lirik lainnya, 4) meminta siswa untuk menulis ulang
lirik melodi akrab, 5) mengembangkan daftar lagu yang menyenangkan untuk membantu
siswa ketika merasa
sedih, dan 6) membantu siswa
membuat playlist
lagu-lagu
/ lirik yang menenangkan atau menyenangkan (Gladding, Hendricks, Robinson,
Bradley, dan Davis, 1999) .
7.
Elligan (2000) mengusulkan terapi
rap (misalnya, proses lima tahap untuk menciptakan musik dan makna melalui
musik rap) adalah metode yang berguna untuk konselor sekolah seperti
menggunakan bahasa dan budaya remaja, dan membantu untuk menjalin hubungan.
Konselor sekolah harus menyadari pentingnya musik khusus bagi remaja maupun
pesan yang diterima. Seperti bermain adalah bahasa anak-anak, musik merupakan
cara untuk menghubungkan dan memahami remaja.
8.
Kaca, Curtis, dan Thomas, 2005
menyatakan bahwa konselor sekolah harus memperhatikan pilihan musik siswa
karena dapat memberikan informasi yang berguna tentang sifat masalah mereka
(misalnya, isolasi, keinginan bunuh diri, dll).
b.
Penemu Puisi dalam
bimbingan
1.
Alexander, 1990 mengemukakan bahwa:
Ketika berhadapan dengan remaja, menulis biasanya digolongkan empat bentuk:
puisi, surat, journal, dan bercerita. Puisi dapat menjadi bentuk yang aman dan
kuat dari ekspresi diri.
2.
Bowman (1992) memberikan alasan
menggunakan terapi puisi untuk siswa yang mengalami krisis identitas atau
mencari keintiman dan kemandirian. Seringkali menulis puisi dapat membantu
remaja tumbuh menjadi individu yang lebih matang melalui proses penemuan diri.
DEFINISI
Definisi Musik
1.
Kamus Besar Bahasa
Indonesia
-Ilmu
atau seni penyusunan nada/suara, kombinasi, dan hubungan temporal untuk
menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan & kesinambungan.
- Nada atau suara yang
disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan
(terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi- bunyi itu).
2.
Wikipedia
Musik
yaitu bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah,
lokasi, budaya dan selera seseorang.
3.
Menurut M.Soeharto dalam buku Kamus Musik
Musik
adalah pengungkapan melalui gagasan melalui bunyi, yang unsur dasarnya berupa
melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa gagasan, sifat dan
warna bunyi.
4.
Menurut Aristoteles musik mempunyai
kemampuan sebagai terapi rekreatif, mendamaikan hati yang gundah dan
menumbuhkan jiwa patriotisme.
DefinisiPuisi
1.
Dalam ensiklopedia Indonesia
menyatakan bahwa kata puisi berasal dari bahasa Yunani poiesis yang berarti
penciptaan. Akan tetapi, arti yang semula ini lama-kelamaan semakin dipersempit
ruang lingkupnya menjadi “hasil seni sastra, yang kata-katanya disusun menurut
syarat-syarat yang tertentu dengan menggunakan irama, sajak, dan kadang-kadang
kata-kata kiasan” (Tarigan, 1984: 4).
2.
Menurut (Sayuti, 2002: 3) puisi
dirumuskan sebagai sebentuk pengucapan bahasa yang memperhitungkan adanya aspek
bunyi-bunyi di dalamnya, yang mengungkapkan pengalaman imajinatif, emosional,
dan intelektual penyair yang ditimba dari kehidupan individual sosialnya, yang
diungkapkan dengan teknik pilihan tertentu, sehingga mampu membangkitkan
pengalaman tertentu pula dalam diri pembaca atau pendengar- pendengarnya.
3.
Dalam batasan yang lebih kompleks
(Waluyo, 2005: 1) mendefinisikan puisi sebagai karya sastra dengan bahasa yang
dipadatkan, dipersingkat, dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan
kata-kata kias (imajinatif).
4.
Selaras dengan pendapat di atas,
(Pradopo 2009: 7berpendapat “Puisi itu mengekspresikan pemikiran yang
membangkitkan perasaan, yang merangsang imajinasi panca indera dalam susunan
yang berirama. Semua itu merupakan sesuatu yang penting, yang direkam dan
diekspresikan, dinyatakan dengan menarik dan memberi kesan”. Dengan kata lain,
puisi terbangun dari struktur fisik dan struktur batin. Stuktur fisik puisi
diungkapkan lewat susunan kata-kata yang khas (bahasa figuratif), sedangkan
stuktur batin terbangun dari pengungkapan makna yang terkandung di dalam puisi tersebut.
Definisi Teknik
Bimbingan
1.
Istilah teknik dalam bimbingan
didefinisikan dengan cara-cara dan alat yang digunakan oleh konselor dalam
rangka mencapai suatu tujuan, langsung dalam pelaksanaan bimbingan pada waktu itu.
2.
Bimbingan membantu individu untuk
lebih mengenali berbagai informasi tentang dirinya sendiri (Chiskolm, 1959).
3.
Bimbingan Merupakan proses bantuan terhadap individu
untuk mencapai
pemahaman
diri yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian diri secara maksimum di
sekolah, keluarga dan masyarakat. (Miller)
4.
Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada
individu untuk dapat
memilih,
mempersiapkan diri dan memangku suatu jabatan dan mendapatkemajuan dalam
jabatan yang dipilihnya” (Frank Parson, 1951).
5.
Bimbingan merupakan kegiatan yang
bertujuan meningkatkan realisasi pribadi setiap individu (Bernard & Fullmer ,1969)
6.
Bimbingan adalah suatu proses
pemberian bantuan yang terus menerus dan sistematis kepada individu dalam
memecahkan masalah yang dihadapinya, agar tercapai kemampuan untuk dapat
memahami dirinya (self understanding), kemampuan untuk menerima dirinya (self
acceptance), kemampuan untuk mengarahkan dirinya (self direction) dan kemampuan
untuk merealisasikan dirinya (self realization) sesuai dengan potensi atau
kemampuannya dalam mencapai penyesuaian diri dengan lingkungan, baik keluarga,
sekolah dan masyarakat. (Djumhur dan Moh. Surya)
7.
Bimbingan merupakan bantuan yang
diberikan kepada sirwa dalam rangka upaya menentukan pribadi, mengenal
lingkungan, dan merencanakan masa depan. (PP No. 28/1990 tentang Pendidikan
Dasar, Bab X, Pasal 25 Ayat 1)
Dari
beberapa pengertian diatas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa teknik
bimbingan melalui musik dan puisi dapat didefinisikan sebagai daya upaya, atau
usaha- usaha yang ditempuh oleh seorang konselor dalam melakukan bimbingan
kepada konseli menggunakan musik atau puisi, dengan tetap merujuk dan berpijak
pada metode bimbingan.
ASPEK-ASPEK
a.
Aspek Seni
Teknik bimbingan melalui
musik atau puisi dapat membantu konseli mengembangkan jiwa seni mereka. Bagi
konseli yang menyukai musik atau puisi, teknik ini dapat membantu konseli
mengeluarkan inspirasi yang ada dalam dirinya secara lebih mudah dibandingkan
dengan cara yang lain. Hal ini secara tidak langsung meningkatkan kreativititas
seni pada konseli.
b.
Aspek Hiburan
Teknik
bimbingan melaui musik atau puisi dapat memberikan kenikmatan dan rasa
senangpada konseli. Hal ini dikarenakan teknik bimbingan musik atau puisi
dilakukan tidak hanya monotondengan menceramahi atau mengarahkan konseli,
tetapi memadukan unsur seni yang menghibur. Apabila teknik ini digunakan, maka
akan membuat bimbingan menjadi menarik
dan menyenangkan bagi konseli. Terlebih mereka memang menyukai musik dan puisi.
c.
Aspek Belajar
Teknik
bimbingan menggunakakn musik atau puisi menawarkan pengalaman hidup yang dapat
memperluas wawasan konseli. Disaat konseli tidak mampu mengungkapkan perasaan secara
langsung,konseli dapat menggungkapkan perasaannya melelui musik atau puisi.
Melalui musik atau puisi akan membantu konseli lebih berani mengungkapkan apa
yang ada didalam pikirannya. Dan tentunya penggungkapan perasaanakanlebih
maksimal. Disisi lain dapat mengasah kemampuan konseli di bidang musik atau
puisi.
d.
Aspek Sosial
Melalui
teknik bimbingan menggunakan musik atau puisi dapat memupuk kesedaran seseorang
tentang kemanusiaan. Dengan musik atau puisi konseli dapat mengekspresi
pandangan, pikiran dan perasaan kepada masyarakat.
e.
Aspek Karir
Setiap individu
mempunyai sifat, kemampuan, keterampilan, nilai, sikap, serta kebiasaan yang
berbeda dari yang lain. Apabila seorang konselor melakukan bimbingan
menggunakan musik atau puisi, secara tidak langsung konselor dapat melihat
potensi yang terpendam didalam diri konseli. Apabila konselor mampu menangkap
bakat tersebut, konselor dapat membantu mengembangkan bakat, sehingga melalui
bakat yang dimiliki konseli dapat mengembangkan karir sesuai bakatnya. pada
akhirnya konseli dapat menopang hidupnya melalui pekerjaan yang dimiliki, dan
tujuan dari bimbingan dan konseling akan terwujud yaitu memandirikan kehidupan
konseli.
f.
Aspek Religi
Musik
atau puisi merupakan hasil penggungkapan jiwa penciptanya. Di samping mempunyai
nilai estetik, beberapa musik atau puisi juga mengandung nilai religi. Yang
tentu saja dapat berdampak kepada akhlak manusia. Karena kita dapat mengambil
hikmah dari lirik lagu atau isi puisi tersebut.
TUJUAN
a.
Agar konseli mampu mengungkapkan perasaanya melalui
tulisan maupun musik
b.
Mengembangkan diskusi dan partisipasi konseli
c.
Memberi kesempatan untuk pembelajaran eksperiensial
d.
Memberi informasi yang berguna bagi konseli
e.
Memberikan kesenangan dan relaksasi
f.
Meningkatkan tingkat kenyamanan pada konseli
MANFAAT
a.
Menenangkan pikiran.
Melaui
puisi atau musik memberikan kesempatan bagi seseorang untuk menggungkapkan apa
yang dirasakan. Konseli bisa mengungkapkan segala kesedihan, dan kesenangan
kedalam puisi atau musik sehingga membuat konseli menjadi lebih tenang.
b.
Meningkatkan motivasi
Motivasi adalah hal yang
hanya bisa dilahirkan dengan perasaan dan mood tertentu. Motivasi akan
meningkat jika mood konseli tetap terjaga dan biasanya hal ini melalui sesuatu
yang disukainya.Teknik bimbingan melalui cara yang disukai konseli dapat
meningkatkan motivasi konseli. Dalam hal ini lewat puisi atau musik.
Semangatpun muncul dan bimbingan akan dilakukan konseli dengan senang hati.
c.
Pengembangan diri
Sesuatau
hal yang disukai sangat berpengaruh terhadap pengembangan diri seseorang.
Konseli dapat mengembangkan diri sesuai apa yang diinginkan melalui teknik
bimbingan yang tepat.
d.
Meningkatkan kemampuan mengingat
Syair
musik atau untaian kata-kata puisi bisa meningkatkan daya ingat konseli. Hal
ini bisa terjadi karena bagian otak yang memproses musik terletak berdekatan
dengan memori. Ditambah lagi jika kita menyukainya, memori ingatan akan lebih
mudah dipanggil.
e.
Menumbuhkan kreativitas
Kreativitas sangat
diperlukan dalam menjalani hidup ini. Didalam puisi, kita harus pandai dalam
mengolah kata sehingga puisi kita menjadi lebih hidup.Dan dengan musik,
konseli
akan mengeluarkan inspirasi yang ada dalam dirinya. Hal ini secara tidak langsung menjurus kepada kreativititas pada konseli.
f.
Menjadi Pribadi yang lebih terbuka
Menggungkapkan perasaan
tentunya membutuhkan sebuah keberanian. Baik menggungkapkan secara lisan maupun
melaui karya (musik atau puisi) .Bila kita tidak berani mengungkapkan apa yang
ada didalam pikiran, tentunya penggungkapan perasaan akan terganggu. Melalui
musik atau puisi maka konseli akan lebih berani dalam mengungkapkan peasaannya.
SASARAN
Teknik
bimbingan menggunakan musik atau puisi ditujukan untuk semua konseli. Namun
dalam proses pemberian bimbingan disesuaikan dengan kebutuhan konseli. Hal ini
dikarenakan tidak semua orang bisa dibimbing menngunakan jenis musik atau jenis
puisi yang sama, termasuk juga isi dari musik atau puisi.
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN
KONSELING PRIBADI SOSIAL
A |
Sekolah |
: |
SMP N 2 Sleman |
B |
Semester/ Tahun Ajaran |
: |
2/ 2020-2021 |
C |
Judul/Spesifikasi Layanan |
: |
Music and Poetry is My Best Friends |
D |
Bidang Bimbingan |
: |
Pribadi-Sosial |
E |
Fungsi Layanan |
: |
Pemahaman |
F |
Tujuan Layanan |
: |
1.
Membantu siswa agar dapat mengembangkan bakat dan kemampuannya
melalui musik atau puisi. 2.
Membantu siswa agar dapat menyalurkan emosinya melalui musik atau puisi. |
G |
Hasil yang ingin dicapai |
: |
1.
Siswa mampu mengembangkan kemampuannya. 2. Siswa dapat aktif
dan mengurangi beban karena
emosinya tersalurkan melalui musik atau puisi. |
H |
Sasaran Layanan |
: |
Siswa SMP N 2 Sleman |
I |
Uraian kegiatan 1.
Kegiatan awal a.
Pembimbing membuka kegiatan
layanan dengan salam dan berdo’a b. Absensi siswa |
|
c.
Pembimbing mengajak siswa untuk melakukan ice breaking. d.
Pembimbing memberitahu siswa
mengenai apa yang akan dilaksanakan. 2.
Kegiatan inti a.
Pembimbing memutar sebuah lagu. b.
Pembimbing meminta siswa mendengarkkan lagu. c.
Pembimbing meminta siswa
menyanyikan bersama setelah mendengarkan lagu. d.
Pembimbing meminta siswa untuk
maju membuat puisi berantai. e.
Pembimbing meminta siswa untuk membacakan puisinya. f.
Pembimbing meminta siswa untuk
menyimpulkan dari apa yang telah dilakukan. g.
Pembimbing menanyakan bagaimana
pengaruh kegiatan tersebut terhadap siswa. 3.
Kegiatan akhir a.
Sebelum ditutup, pembimbing membuka pertanyaan kepada siswa tentang aktivitas yang akan dilakukan. b.
Pembimbing menutup kegiatan
layanan dengan salam dan do’a. |
||
J |
Materi Layanan : Meningkatkan kemampuan
melalui permainan lagu dan puisi berantai |
||
K |
Metode |
: |
Writing and
Listening Therapy |
L |
Waktu/Tanggal |
: |
60 menit/ 3
Mei 2021 |
M |
Tempat |
: |
Ruang kelas |
N |
Penyelenggaraan Layanan |
: |
Guru Pembimbing |
O |
Pihak yang diikut sertakan |
: |
Siswa SMP N 2 Sleman kelas
8 |
P |
Alat perlengkapan |
: |
Alat Tulis |
Q |
Rencana Penilaian |
: |
|
|
Proses |
: |
Melihat partisipasi dan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan. |
|
Hasil |
: |
1.
Siswa antusias terhadap materi layanan yang di berikan oleh guru pembimbing sehingga siswa
mampu menyadari kemampuan yang diapresiasikan lewat puisi dan musik. 2.
Siswa mampu menyalurkan emosi
secara tepat melalui puisi dan musik. 3.
Siswa secara aktif menanggapi apa yang sudah
dipaparkan. |
R |
Rencana Tindak lanjut Mendampingi
siswa, jika perlu dilakukan konseling individual maupun bimbingan kelompok. |
||
S |
Sumber |
: |
Soernarno, Adi.2007. Ice Breaker. Andi Publisher: Yogjakarta Bruneau, Laur.Aidding to the toolbox: Using Creative
Interventions With High School Students.[PDF].Tersedia :
http://files .eric.ed.gov/fulltext/EJ978865.pdf |
Agus Triyanto & Aryadi Warsito. 2010. Pengembangan Media Bimbingan
& Konseling.
Yogyakarta
Moch. Nursalim.
2013. Pengembangan Media Bimbingan & Konseling. Jakarta: Akademia Permata
Oemar, Hamalik. 1989. Media
pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti
Soernarno,
Adi.2007. Ice Breaker. Andi
Publisher: Yogjakarta
Bruneau, Laur.Aidding to the toolbox: Using Creative
Interventions With High School Students.[PDF].Tersedia : http://files
.eric.ed.gov/fulltext/EJ978865.pdf
.2011. Definisi Musik. [Online] tersedia:http://instruktur-
musik.blogspot.com/2011/08/definisi-musik.html
.2012.Pengertian Teknik dalam Pembelajaran. [Online] tersedia:http://www.referensimakalah.com/2012/09/pengertian-teknik-dalam-
pembelajaran.html
Andriyanti.2012. Teknik-Teknik Bimbingan dan Konseling. [Online]
tersedia:http://ndeeandriyanti.blogspot.com/2012/10/teknik-teknik-bimbingan-
dan-konseling.html
Adi Ramadhan.2012. Manfaat Menulis Puisi dan Karya. [Online] tersedia:http://aditramadhan.blogspot.com/2012/06/6-manfaat-menulis-puisi-dan-
karya.html
.Beberapa Manfaat Menulis Puisi, Cerpen, Pantun dan Karya Tulis.
[Online] tersedia:http://clubbing.kapanlagi.com/threads/116410-Beberapa- Manfaat-Menulis-Puisi-Cerpen-Pantun-dan-Karya-tulis-lainnya
.Manfaat Sastra. [Online] tersedia:http://id.wikisource.org/wiki/Buku_Praktis_Bahasa_Indonesia_1/Sastra#
Manfaat_Sastra
Komentar
Posting Komentar