PENGEMBANGAN SKALA PSIKOLOGI DALAM BIDANG PRIBADI-SOSIAL

 

PENGEMBANGAN SKALA PSIKOLOGI DALAM BIDANG PRIBADI-SOSIAL

 

 

Disusun untuk Memenuhi Mata Kuliah Pengembangan Instrumen dan Media Bimbingan dan Konseling

 

Dosen Pengampu : Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd., dan Dr. Ali Muhtadi, M.Pd

 

 

 




 

 

Disusun Oleh :

Filastri Kurniasari                (20713251018)

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING PROGRAM PASCASARJANA

1

 
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2021



Skala Psikologi Bidang Pribadi-Sosial: Pengukuran Komunikasi Interpersonal

 

Landasan Teori Instrumen:

Instrumen yang digunakan untuk mengukur komunikasi interpersonal menggunakan alat ukur baku yang dibuat oleh Millard J. Bienvenu (1971) yaitu Interpersonal Comunication skill Inventory (ICI). Instrumen ini memiliki empat aspek keterampilan yang dibutuhkan dalam komunikasi interpersonal yaitu kemampuan komunikasi interpersonal dalam mengirim pesan dengan jelas, mendengarkan, menerima dan memberikan umpan balik, dan mengatasi interaksi emosional anak.

 

Kisi-kisi Skala Psikologi Bidang Pribadi-Sosial: Pengukuran Komunikasi Interpersonal

 

No

Kompetensi Komunikasi Interpersonal

No Item

1

Kemampuan mengirim pesan dengan jelas

-Menyampaikan secara pesan

-Kondisi yang mempengaruhi anak berbicara kepada orang lain

-Berbicara dengan jelas

-Mengenali suasana saat berbicara

-Menjelaskan isi pesan

1-5

2

Kemampuan mendengarkan

-Respon anak ketika mendengarkan

-Memberikan respon

-Memberikan perhatian dan fokus

6-8

3

Kemampuan menerima dan memberikan umpan balik

-Intensitas memberi dan menerima umpan balik

-Mengatakan pendapat

-Memuji dan memberi penghargaan

9-11

4

Kemampuan mengatasi interaksi emosional anak

-Keterbukaan anak kepada orang lain

-Kemampuan menjelaskan permasalahan

-Meminta maaf

-Mengakui kesalahan

12-15

Total Item

15

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Pedoman Skala Psikologi Komunikasi Interpersonal

 

Tujuan:

Pedoman Skala Psikologi Komunikasi Interpersonal bertujuan unutuk memberikan panduan pelaksaan observasi tentang kekuatan dan potensi komunikasi interpersonal anak guna pengembangan (meningkatkan). Beri nilai setiap perilaku yang muncul pada anak dengan jujur, maka akan diketahui profil tingkat kemampuan komunikasi interpersonal anak sebelum konseling melalui empat bidang kompetensi komunikasi interpersonal.

 

     Petunjuk Pengisian:

1.                       Pihak yang mengisi kuisioner ini adalah orang tua dan guru

2.                       Bacalah setiap item secara hati-hati dan jujur menilai seberapa sering perilaku tertentu berlaku untuk anak dengan jujur

3.                       Sesuaikan jawaban berdasarkan perkembangan anak usia dini (5-6 Tahun)

4.                       Berilah tanda silang (X) pada kolom jawaban yang anda anggap paling tepat.

5.                       Keterangan: 5=Selalu, 4=Sering, 3=Kadang-kadang, 2=Jarang, 1=Tidak pernah

 

Skala Psikologi Bidang Pribadi-Sosial : Kuesioner Komunikasi Interpersonal

Nama Orang Tua/Guru       :

Nama Anak                            :

 

 

No

Pertanyaan: Mengirim Pesan dengan Jelas

5

  Selalu

4

Sering

3

Kadang

2

Jarang

1

Tidak Pernah

1

Apakah anak anda mudah untuk berbicara dengan orang lain?

 

 

 

 

 

2

Anak mau berbicara dengan orang lain ketika apa?

 

 

 

 

 

3

Apakah anak dapat berbicara sesuai dengan tujuan dan dapat dipahami?

 

 

 

 

 

4

Apakah orang lain tampak tertarik dan penuh perhatian ketika anak berbicara?

 

 

 

 

 

5

Apakah anak mampu berbicara tentang hal-hal yang menarik bagi anak dan orang lain?

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan: Mendengarkan

 

 

 

 

 

6

Apakah anak anda bertanya kepada orang lain, ketika tidak memahami apa yang orang lain katakan?

 

 

 

 

 

 

7

Apakah anak dapat melanjutkan kalimat atau kata-kata yang berikan orang lain dalam percakapan?

 

 

 

 

 

8

Apakah anak memberikan perhatian ketika orang lain sedang melakukan pemrbicaraan dengannya?

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan: Memberi dan Menerima Umpan Balik

 

 

 

 

 

9

Apakah anak mudah mengatakan perbedaan antara orang lain dan perasaan anak?

 

 

 

 

 

 

10

Apakah anak mudah memberikan pujian untuk orang lain?

 

 

 

 

 

11

Apakah anak anda membantu orang lain untuk memahami diri anak dengan mengatakan bagaimana perasaannya?

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan: Menangani Interaksi Emosional

 

 

 

 

 

12

Ketika timbul masalah antara anak anda dan orang lain, apakah anak mendiskusikannya?

 

 

 

 

 

 

13

Apakah anak sering mempunyai “tameng” untuk menganti subyek ketika orang lain masuk ke dalam diskusi?

 

 

 

 

 

 

14

Apakah anak meminta maaf, ketika anak merasa telah menyakiti seseorang?

 

 

 

 

 

15

Apakah anak mengakui bahwa anak salah ketika melakukan kesalahan?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



 

DAFTAR PUSTAKA

 

Millard J. Bienvenu. (1971). Inventory comunication interpersonal skill. Journal of Communication, December 1971.  Diakses dari http://www.csus.edu/indiv/s/stonerm/coms5-ipcskillinventory1.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh RPP Bimbingan Klasikal BK Di SD

Contoh Silabus BK Di SD

INSTRUMEN BIDANG PRIBADI-SOSIAL, PENDIDIKAN DAN KARIR