PENGEMBANGAN SKALA PSIKOLOGI DALAM BIDANG PRIBADI-SOSIAL
PENGEMBANGAN
SKALA PSIKOLOGI DALAM BIDANG PRIBADI-SOSIAL
Disusun untuk
Memenuhi Mata Kuliah Pengembangan Instrumen dan Media Bimbingan dan Konseling
Dosen
Pengampu : Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd., dan Dr. Ali Muhtadi, M.Pd
Disusun Oleh :
Filastri Kurniasari (20713251018)
PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN
KONSELING PROGRAM PASCASARJANA
1
UNIVERSITAS
NEGERI YOGYAKARTA 2021
Skala
Psikologi Bidang Pribadi-Sosial: Pengukuran Komunikasi Interpersonal
Landasan Teori
Instrumen:
Instrumen
yang digunakan untuk mengukur komunikasi interpersonal menggunakan alat ukur
baku yang dibuat oleh Millard J. Bienvenu (1971) yaitu Interpersonal Comunication skill Inventory (ICI). Instrumen ini
memiliki empat aspek keterampilan yang dibutuhkan dalam komunikasi
interpersonal yaitu kemampuan komunikasi interpersonal dalam mengirim pesan
dengan jelas, mendengarkan, menerima dan memberikan umpan balik, dan mengatasi
interaksi emosional anak.
Kisi-kisi Skala Psikologi Bidang Pribadi-Sosial: Pengukuran
Komunikasi Interpersonal
No |
Kompetensi
Komunikasi Interpersonal |
No Item |
1 |
Kemampuan
mengirim pesan dengan jelas -Menyampaikan secara pesan -Kondisi
yang mempengaruhi anak berbicara kepada orang lain -Berbicara
dengan jelas -Mengenali suasana saat berbicara -Menjelaskan
isi pesan |
1-5 |
2 |
Kemampuan
mendengarkan -Respon
anak ketika mendengarkan -Memberikan
respon -Memberikan perhatian dan fokus |
6-8 |
3 |
Kemampuan
menerima dan memberikan umpan balik -Intensitas
memberi dan menerima umpan balik -Mengatakan pendapat -Memuji
dan memberi penghargaan |
9-11 |
4 |
Kemampuan
mengatasi interaksi emosional anak -Keterbukaan
anak kepada orang lain -Kemampuan
menjelaskan permasalahan -Meminta
maaf -Mengakui
kesalahan |
12-15 |
Total Item |
15 |
Pedoman Skala Psikologi
Komunikasi Interpersonal
Tujuan:
Pedoman Skala Psikologi Komunikasi Interpersonal bertujuan
unutuk memberikan panduan pelaksaan observasi tentang kekuatan dan potensi
komunikasi interpersonal anak guna pengembangan (meningkatkan). Beri nilai
setiap perilaku yang muncul pada anak dengan jujur, maka akan diketahui profil
tingkat kemampuan komunikasi interpersonal anak sebelum konseling melalui empat
bidang kompetensi komunikasi interpersonal.
Petunjuk Pengisian:
1.
Pihak yang
mengisi kuisioner ini adalah orang tua dan guru
2.
Bacalah setiap item secara
hati-hati dan jujur menilai seberapa sering perilaku tertentu berlaku untuk
anak dengan jujur
3.
Sesuaikan jawaban berdasarkan perkembangan anak usia
dini (5-6 Tahun)
4.
Berilah tanda silang (X) pada
kolom jawaban yang anda anggap paling tepat.
5.
Keterangan:
5=Selalu, 4=Sering, 3=Kadang-kadang, 2=Jarang, 1=Tidak
pernah
Skala Psikologi Bidang Pribadi-Sosial : Kuesioner Komunikasi Interpersonal
Nama Orang Tua/Guru :
Nama Anak :
No |
Pertanyaan:
Mengirim Pesan dengan Jelas |
5 Selalu |
4 Sering |
3 Kadang |
2 Jarang |
1 Tidak
Pernah |
1 |
Apakah anak anda mudah untuk berbicara
dengan orang lain? |
|
|
|
|
|
2 |
Anak mau berbicara dengan orang lain ketika
apa? |
|
|
|
|
|
3 |
Apakah anak dapat berbicara sesuai dengan tujuan dan dapat dipahami? |
|
|
|
|
|
4 |
Apakah orang lain tampak
tertarik dan penuh perhatian ketika anak berbicara? |
|
|
|
|
|
5 |
Apakah anak mampu berbicara tentang hal-hal yang menarik bagi anak dan orang lain? |
|
|
|
|
|
|
Pertanyaan:
Mendengarkan |
|
|
|
|
|
6 |
Apakah anak anda
bertanya kepada orang lain, ketika tidak memahami apa yang orang lain
katakan? |
|
|
|
|
|
7 |
Apakah anak dapat melanjutkan kalimat atau kata-kata yang
berikan orang lain dalam percakapan? |
|
|
|
|
|
8 |
Apakah anak memberikan perhatian ketika orang lain sedang melakukan pemrbicaraan dengannya? |
|
|
|
|
|
|
Pertanyaan:
Memberi dan Menerima Umpan Balik |
|
|
|
|
|
9 |
Apakah anak mudah mengatakan perbedaan antara orang lain dan perasaan anak? |
|
|
|
|
|
10 |
Apakah
anak mudah memberikan pujian untuk orang lain? |
|
|
|
|
|
11 |
Apakah anak anda membantu orang lain untuk
memahami diri anak dengan mengatakan
bagaimana perasaannya? |
|
|
|
|
|
|
Pertanyaan:
Menangani Interaksi Emosional |
|
|
|
|
|
12 |
Ketika timbul masalah antara anak anda dan orang lain, apakah anak
mendiskusikannya? |
|
|
|
|
|
13 |
Apakah anak sering mempunyai “tameng” untuk menganti subyek ketika orang
lain masuk ke dalam diskusi? |
|
|
|
|
|
14 |
Apakah anak meminta maaf, ketika anak merasa telah menyakiti seseorang? |
|
|
|
|
|
15 |
Apakah anak mengakui bahwa anak salah ketika melakukan kesalahan? |
|
|
|
|
|
DAFTAR
PUSTAKA
Millard J. Bienvenu. (1971). Inventory comunication
interpersonal skill. Journal of
Communication, December 1971.
Diakses dari http://www.csus.edu/indiv/s/stonerm/coms5-ipcskillinventory1.pdf
Komentar
Posting Komentar